Ini Dia Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecantikan!

Blackberry

Blackberry pixabay

Kini seiring dengan perkembangan teknologi, aneka makanan yang tersedia di pasaran telah diketahui kandungan serta manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya adalah fungsi makanan yang berkaitan dengan kecantikan. Ini bukan terkait soal penurunan berat badan, namun lebih kepada manfaat makanan untuk menjaga kulit agar tetap sehat yang dapat menjaga Anda agar  terlihat muda dan besemangat. Apa saja kiranya? Yuk intip segera!

Pertama adalah blackberry. Buah segar yang satu ini konsisten menawarkan kadar oxygen radical absorbance capasity (ORAC) yang tinggi. ORAC merupakan jumlah antioksidan yang terdapat dalam makanan ataupun minuman. Meski kekuatan antioksidan ini telah diuji di laboratorium, namun ORAC tidak menunjukkan efek antioksidan itu sendiri di dalam tubuh. selain itu blackberry dapat memberikan efek antiinflamasi untuk kulit yang dapat membantu keremajaan kulit.

Selanjutnya ada tofu. Selain menjadi sumber protein, tofu juga dapat berfungsi sebagai makanan pencegah keriput. Makanan bertekstur lembut yang satu ini mengandung isoflavon, senyawa organik dengan antioksidan yang tinggi. Para peneliti mempercayai bahwa isoflavon dapat membantu mencegah kerusakan kolagen, protein, jarngan ikat dan tulang. Antioksidan juga dapat membantu mencegah terjadinya cedera otot rangka serta mengurangi kelelahan. Jadi jangan perna sepelekan jika ada tofu di meja makan ya!

Ada lagi kakao. Bahan makanan yang dikenal sebagai “flavonoid superstar” dapat menjadi sumber flavonoid yang lezat di lidah. Aneka minuman hingga beragam jenis kue dan roti cocok dibuat dengan kakao. Menariknya lagi kakao juga mengandung epicatechin yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan juga meningkatkan aliran darah ke kulit. Tak hanya itu, epicatechin juga dapat meningkatkan nutrisi dan suplai oksigen, dua faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Ada pula ubi jalar. Meski kerap disepelekan ternyata ubi jalar merupakan salah satu sumber vitamin A lho! Vitamin A sendiri memiliki fungsi yang penting bagi kulit yaitu membantu dalam proses pergantian sel. Proses iini akan menghilangkan sel kulit mati yang ada di kulit. Semakin jarang terjadi pergantian sel dapat menyebabkan warna kulit menjadi kusam. Nah!

Biji Chia

Biji Chia pixabay

Terakhir ada chia seed, sebuah biji-bijian yang dikenal sebagai superfood di berbagai daerah. Biji yang satu ini kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, rambut dan juga kuku. Chia seed dapat digunakan sebagai tooping dalam muffin, semur atau masakan lainnya. Mana yang menjadi favorit Anda?

Baca juga:

Buah-buahan untuk Membuat Awet Muda

Manfaat Putih Telur untuk Stretch Mark

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: health.clevelandclinic.org dan www.kolomsehat.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment