Ini Dia Cara Membedakan Kalori Sehat dan Tidak Sehat!

Sayuran

Sayuran pixabay

Sebagian dari kita umumnya mengenal kalori, utamanya bagi mereka yang sedang menjalani program diet ataupun penurunan berat badan. Kalori merupakan jumlah energi yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Karena itu penting untuk mengukur asupan kalori pada menu yang dinikmati setiap hari.

Namun tahukah Anda ternyata dalam takaran yang sama, kalori sehat dan tidak sehat sangatlah berbeda. Untuk menu diet atau penurunan berat badan, tentu 100 kalori dari serat tidak dapat disamakan dengan 100 kalori yang berasal dari kue. Pengelompokan jenis kalori tersebut didasarkan pada sumber kalori itu sendiri.

Kalori sehat berasa dari makanan yang tidak diproses seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, daging tanpa lemak dan yang lainnya. Sebaliknya, kalori yang tidak sehat berasal dari aneka makanan olahanseperti sayuran kaleng, roti, minuman ringan, kue hingga permen ataupun sereal sarapan. Terkait hal ini, asupan kalori tidak sehat erat dikaitkan dengan beragam resiko masalah kesehatan seperti kanker, diabetes tipe 2, jantung dan yang lainnya.

Sebaliknya, kalori sehat ditengarai memiliki beragam manfaat mulai dari sumber energi sehat, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan keseimbangan emosi seseorang hingga membantu dalam managemen berat badan. Bahkan haisl studi menemukan bahwa konsumsi biji-bijian utuh dapat mencegah penyakit jantung dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Selain itu kalori sehat dan tidak sehat juga dikelompokkan berdasarkan kandungan natrium atau garam yang terdapat dalam makanan ataupun minuman. Kalori tidak sehat memiliki kadar natrium yang tinggi. Sebaliknya, kalori sehat hanya mengandung natrium dalam kadar yang rendah. Kandungan natrium yang tinggi pada makanan dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti terjadinya penyakit jantung, diabetes bahkan obesitas.

Salad Buah

Salad Buah pixabay

Menariknya, biaya untuk menikmati kalori sehat dan tidak sehat hanya terpaut sedikit saja. Makanan sehat umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari junk food. Meski demikian, tentu perbedaan biaya tersebut tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan biaya pengobatan penyakit akibat konsumsi kalori tidak sehat. Selain itu, dalam jumlah kalori yang sama, kalori sehat mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Menariknya, kalori sehat juga mengandung beragam vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Terlebih lagi, makanan yang kaya akan vitamin dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. Berbeda dengan kalori tidak sehat, selain mengandung kadar garam tinggi, makanan jenis ini juga kerap memiliki kandungan gula dan lemak jahat yang berpengaruh buruk pada kesehatan. Bagaimana dengan kalori pilihan Anda?

Baca juga:

Bahaya Mengkonsumsi Kerang Secara Berlebihan

Aneka Makanan Ini Ternyata Memiliki Kandungan Racun Lho!

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.boldsky.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment