Ingin Menjaga Ketajaman Otak? Berenanglah!

| Posted : 23 Jul 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Berenang

Berenang pixabay

Mungkin banyak yang sudah mengetahui bahwa renang baik untuk kesehatan.  Namun sudah tahukah Anda bahwa renang dapat membantu menjaga ketajaman otak? Ternyata sebuah studi baru mengeklaim hal yang cukup mengejutkan. Jika dibandingkan dengan orang yang berada di darat, ternyata sirkulasi darah seseorang menjadi lebih baik jika berada dalam air!

Lebih lanjut lagi, studi ini juga melakukan penelitian untuk melihat manfaat kardiofaskuler pada beberapa kegiatan yang dilakukan di dalam air. Hasilnya tergolong cukup mencengangkan, utamanya ketika tubuh direndam dalam air sampai daerah dada. Dalam kondisi ini, sirkulasi darah di beberapa bagian tubuh akan meningkat, tidak terkecuali pada bagian otak sekalipun.

Dalam studi ini, peneliti melihat denyut jantung dengan alat khusus. Setelah itu data yang ada kemudian dilakukan analisis. Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh direndam dalam air sampai daerah dada maka suplai darah ke otak akan semakin lancar. Karena itulah aktivitas berenang disebut-sebut menawarkan manfaat serupa dengan penelitian ini.

Semakin banyak suplai darah ke otak maka yang semakin banyak pula oksigen dan nutrisi yang diangkut menuju ke otak. Menariknya lagi, ternyata berenag juga dapat membuat tubuh melepaskan endorfin serta meningkatkan neurogenesis hippocampal yang dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan sel-sel baru pada otak.

Selain itu gerakan tubuh yang dilakukan saat berenang juga dapat meningkatkan pernafasan seseorang. Hasilnya pun menakjubkan! Selain membuat tubuh menjadi bugar, alternatif olahraga air yang satu ini juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

Berenang

Berenang pixabay

Jadi jika Anda tertarik menjaga otak tetap tajam sekaligus membuat tubuh tetap aktif, maka berenang dapat menjadi jenis olahraga yang patut dipertimbangkan. Selain mudah dilakukan, kini berbagai tempat berenang juga menyediakan view yang menakjubkan. Tertarik mencoba?

Baca juga:

Cara Memaksimalkan Kecerdasan Otak

Seberapa Bersihkah Kolam Renang Favorit Anda?

Info penting Seputar Body Piercing

Agar Tetap Ramping Saat Travelling

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.boldsky.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment