Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

positivemed.com

positivemed.com

Kini gaya hidup sehat menjadi pilihan jutaan orang di berbagai belahan dunia. Beragam cara pun dilakukan demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tak heran lagi kini aneka minuman berbahan buah semakin diminati banyak pihak, mulai dari jus buah segar, smoothie hingga yoghurt. Namun demikian kebutuhan tubuh akan konsumsi air putih menjadi bagian mutlak yang harus dilakukan tanpa bisa diganti dengan minuman jenis lainnya. Bagi yang tidak menyukai mengkonsumsi air putih, kini hadir sebuah trend baru yang dikenal dengan nama infused water.

Infused water sebenarnya merupakan air putih biasa telah ditambah dengan potongan buah atau rempah segar dalam waktu tertentu agar nutrisi aroma dan sari buah atau rempah larut ke dalam air. Dengan kata lain infused water adalah gaya baru mengkonsumsi air putih. Salah satu keunggulan infused water dibandingkan dengan minuman lainnya adalah rendah gula. Ya, jika dalam jus buah segar atapun smoothie Anda akan dimanjakan dengan rasa manis gula yang berpadu apik dengan beragam buah pilihan dan susu, maka dalam infused water Anda hanya akan menemukan air putih beserta kandungan nutrisi dalam buah atau rempah segar yang Anda pilih. Bisa menjadi alternatif diet yang menarik bukan?

Pertanyaan selanjutnya tentunya bagaimana cara membuat minuman sehat yang satu ini bukan? Pada dasarnya membuat infused water sangat mudah dan praktis. Pertama siapkan wadah steril yang akan digunakan untuk menyimpan infused water itu sendiri. Kondisi steril pada wadah menjadi hal yang perlu diperhatikan tidak lain untuk menghindari keberadaan bakteri pembusuk yang akan mencemari infused water. Salah satu cara termudah mensterilkan wadah tersebut adalah menyiramnya dengan air panas.

 blog.eversnapapp.com

blog.eversnapapp.com

Selanjutnya siapkan bahan berupa satu liter air matang yang dingin beserta buah ataupun rempah pilihan Anda. Cuci buah atau rempah tersebut dalam air mengalir untuk menghilangkan segala kotoran yang menempel. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air matang lalu potong-potong buah atau rempah dan masukkan ke dalam wadah yang telah diisi air putih, tutup rapat dan simpan dalam kulkas selama dua jam. Selanjutnya buang potongan buah dan segarnya infused water dapat segera Anda nikmati.  Mudah bukan? Yuk segera dicoba!

Setelah potongan buah atau rempah diangkat, infused water dapat disimpan di dalam kulkas dengan daya penyimpanan maksimalnya adalah dua hari saja. Setelah melewati masa tersebut, infused water akan beruba menjadi masam, kualitas nutrisinya pun menurun. Hal lain yang ditakutkan adalah kemungkinan berkembangnya mikroorganisme dalam infused water yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Infused water sendiri paling tepat diminum setelah dua jam proses perendaman. Setelahnya kualitas nutrisi biasanya menurun, apalagi infused water disimpan dalam kulkas yang bersuhu rendah. Dan ingat, infused water tidak boleh dikonsumsi lagi jika sudah terjadi perubahan rasa, seperti menjadi terlalu asam atau beraroma menyimpang. Selamat mencoba!

Baca juga: makanan kaya ptrotein bagi vegetarian, tips agar buah yang dikonsumsi tidak hilang nutrisinya serta gaya makanan yang dapat mengusir jerawat.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: sahabatnestle.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment