Info Menarik Seputar Buah Durian

Durian

Durian says

Kalau musim durian tiba, buah legit berduri ini seolah menjadi primadona banyak kalangan. Baik durian lokal maupun impor akan diserbu oleh penggemarnya. Segmentasi penikmat buah ini pun beragam, mulai dari kalangan bawah hingga masyarakat kelas atas. Di Jogja sendiri terdapat beberapa sentra kawasan penghasil durian yang oke punya. Kulon Progo punya Kalibawang, Gunung Kidul punya Gogor Park dan Klaten punya Manis Renggo. Mau berburu dimana, itu terserah Anda. Jika musim durian tiba, sebuah durian legit dapat dibawa pulang dengan harga yang cukup murah. Apalagi jika beli banyak, bisa-bisa durian sedang dihargai Rp 15.000 saja. Menarik bukan?

Dibalik rasanya yang legit, buah durian memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Hingga ada yang mengatakan bahwa nutrisi buah durian tergolong “bintang lima”. Vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin hingga omega 3 dan 6. Tak hanya itu, buah berbau khas ini juga mengandung phytonutrient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, tryptophan yang ditengarai memiliki banyak manfaat. Buah bercitarasa manis legit hingga manis sedikit pahit ini juga karbohidrat, protein serta lemak tidak jenuh.

Es Cong Lik

Es Cong Lik panganansemarang.wordpress

Saking populernya buah yang satu ini, durian kerap kali menjelma menjadi gelato, es krim hingga pancake yang lezat. Mau makan yang mana, itu terserah Anda. Sesuaikan saja menu durian yang akan disantap dengan destinasi wisata Anda. Di Semarang, buah ini disulap menjadi minuman kenamaan bernama Es Cong Lik. Tak hanya itu, jika sedang berkunjung di Jogja, Anda akan menemukan sebuah brand minuman “Mendem Duren”.

Selain lezat, buah legit ini juga dikenal memiliki beragam manfaat. Karena mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang di dalam tubuh bisa dirubah menjadi serotonin, maka mengkonsumsi buah durian dapat membuat badan menjadi rileks, meningkatkan mood serta membuat perasaan lebih gembira. Zat besi yang terkandung dalam durian juga dapat berfungsi sebagai pencegah anemia. Selain itu, buah legit ini juga berperan baik pada wanita yang sedang mengalami PMS atau premenstrual syndrome. Tak hanya buah ini juga memiliki beragam manfaat lain yang baik untuk tubuh seperti mengurangi resiko stroke, melancarkan buang air besar hingga mengontrol diet bagi orang kegemukan dan masih banyak lagi. Bagaimana rasa durian di tempat Anda?

Baca juga:

Aneka Manfaat Buah Anggur Bagi Wanita

Pepaya California, Alternatif Camilan Mungil Kaya Manfaat

Delima, Camilan Mungil Kaya Manfaat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: balitbu.litbang.pertanian.go.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment