Ibu Hamil Harus Waspadai Virus Zika

Aedes aegypti

Aedes aegypti www.acordacidade.com.br

Virus Zika merupakan salah satu jenis virus baru yang menjadi perhatian dunia. Utamanya bagi wanita yang sedang hamil. Pasalnya virus ini ditengarai berpengaruh kurang baik bagi janin. Berikut penjelasan selengkapnya!

Virus Zika merupakan jenis virus yang dibawa oleh nyamun Aedes aegypti. Selain itu nyamuk Aedes albopictus atau nyamuk macan Asia dengan ciri garis putih juga ditengarai berpotensi menularkan virus Zika. Kedua spesies ini biasanya menggigit saat siang atau sore hari. Selain itu, kedua spesies nyamuk ini juga dapat menjadi perantara infeksi penyakit demam berdarah, chikungnya dan juga penyakit demam kuning.

Parahnya virus ini ditengrai berpotensi mematikan bayi dalam kandungan atau menyebabkan bayi terlahir cacat. Gejala terkena Virus Zika ditandai dengan gejala serupa penyakit tidak berbahaya seperti demam, ruam, mata merah  dan nyeri sendi. Namun bagi ibu hamil, virus ini dapat menyebabkan bayi terkena microchepaly. Sebuah kondisi dimana bayi terlahir abnormal dengan kepala berukuran lebih kecil dari ukuran normal. Karena onfeksi virus ini, banyak anak yang meninggal dunia karena mengalami kerusakan otak yang parah.

Virus ini pulalah yang ditengarai sebagai penyebab meningkatnya lahirnya bayi cacat di Brazil. Selain itu tiga orang Inggris dilaporkan menjadi korban Virus Zika. Para korban tersebut tidak terkena penyakit ini saat di Inggris, melainkan saat berada di kawasan Amerika Latin. Beberapa negara di Amerika Selatan yang mengalami wabah Virus Zika antara lain Barbados, Brasil, Bolivia dan Kolombia.

Di Brasil sendiri terjadi peningkatan signifikan akan kasus microchepaly. Tahun 2014 lalu kasus microchepaly di negara ini hanya terjadi sebanyak 200 kasus. Berbeda dengan tahun berikutnya yang mencapai 3.000 kasus serupa. Meski demikian, belum diketahui secara pasti berapa banyak anak yang terkena microchepaly akibat infeksi Virus Zika. Sayangnya belum ada vaksin yang dapat mencegah terjadinya penyakit ini. Kini pencegahan merupakan cara terbaik menanggulangi penularan infeksi Virus Zika.

Aedes albopictus

Aedes albopictus www.sutter-yubamvcd.org

Untungnya di Indonesia belum ada laporan terkait infeksi virus ini. Meski demikian, masyarakat patut waspada dan berusaha untuk menghindari pemularan virus berbahaya ini. Jika Anda harus bepergian ke negara yang mengalami wabah penyakit ini, jangan lupa untuk berpakaian tertutup, menggunakan lotion anti nyamuk serta tidur menggunakan kelambu. Terakhirm jika Anda mengalami gejala mirip infeksi Virus Zika, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

Tips Menjaga Keamanan Asupan Makanan pada Ibu Hamil

Bahan Kimia Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Konstipasi Pada Ibu Hamil

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dunia.tempo.co, www.republika.co.id, health.kompas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment