Hal yang Harus Dihindari Saat Sarapan

photo from www.huffingtonpost.co.uk

photo from www.huffingtonpost.co.uk

Hidup di kota besar memang membuat kita tidak memiliki waktu untuk sarapan. Bahkan ketika sampai di kantor, rasa lapar pun tidak dapat dipenuhi karena harus berhadapan dengan pekerjaan yang  telah menanti. Padahal sarapan itu sangat penting karena dengan sarapan bisa menyimpan energi sampai lama. Meski pun sempat, maka Anda pun tidak memiliki pilihan karena menunya menyesuaikan dengan penjaja makanan disekitar kantor. Situasi seperti  ini tentu membuat  sarapan tidak wajib dan tak terkontrol. Padahal untuk sarapan ada empat hal yang harus Anda hindari:

Melewatkannya

Ya, tentunya masih banyak diantara kita yang melewatkan sarapan, entah karena tak sempat atau tak perlu. Padahal sarapan berfungsi untuk mendongkrak metabolisme setelah melambat  saat tidur malam.  Selain itu, kegiatan ini bisa menjadi alat memelihara berat badan. Konsumsi menu yang sehat memastikan energi otak dan berat badan terjaga.

Menundanya

Waktu terbaik untuk sarapan adalah satu jam setelah Anda bangun tidur. Sebisa mungkin tidak menundanya, kecuali Anda punya ritual olahraga lebih dulu dan ngemil sebelumnya untuk menambah energi. Sekitar 30 menit hingga dua jam setelah olahraga, pastikan Anda menyiapkan menu sarapan yang mengandung karbohidrat dan protein untuk mengembalikan energi tubuh Anda.

Melupakan serat (dan protein)

Menu sarapan juga harus mengandung serat dan protein untuk membantu  Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda  tidak tergoda untuk ngemil sebelum makan siang. Jika tidak ingin menu yang terlalu kentang, maka bisa mengkonsumsi telur dadar dengan isi sayuran, atau roti gandung dengan selai kacang. Sebaiknya Anda tidak sarapan dengan kue-kue yang manis, karena akan membuat Anda cepat merasa lapar dan lesu.

photo from www.huffingtonpost.co.uk

photo from www.huffingtonpost.co.uk

Minum kopi berlebihan

Kopi dipagi hari memang  akan membantu untuk menanjakmkan pikiran dan mengurangi resiko penyakit  tertentu. Tetapi batasi konsumsi kopi sebanyak satu atau dua cangkir dalam sehari, agar Anda tidak merasa gelisah atau meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Jika Anda biasa minum dua cangkir, maka sebaiknya satu cangkir lagi diubah menjadi teh hijau daun yang mengandung antioksidan.

Jangan lupa baca artikel lainnya ya:

Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Produk Susu Olahan

Manfaat Mengonsumsi Kenari

9 Cara Jenius Menggunakan Ice Cube Tray

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment