Hal yang Baik Dilakukan Setelah Olahraga

| Posted : 03 Nov 2014 | Berita Sehat, Diet, Tips Sehat No comments
photo from www.quantumscale.com

photo from www.quantumscale.com

Olahraga  merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Namun jika dilakukan tanpa adanya pengetahuan malah ddapat menimbulkan masalah. Agar manfaat yang di dapat maksimal, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan setelah berolahraga.

Sebelum berolahraga sebagaiknya melakukan peregangan agarterhindar dari cidera dan sakit di tubuh.  Begitu juga setelah berolahraga ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Hal ini karena saat berolahraga, ada kerusakan pada otot, fragmen kecil protein dalam sel-sel  otot pecah, sehingga ketika selesai berolahraga seseorang harus mengganti bagian otot yang hilang tersebut. Jika otot tidak diberikan waktuuntuk pulih, maka otot akan menjadi lebih kecil.

Karena itulah pemulihan setelah olahraga sangat penting untuk otot dan perbaikan jaringan, membangun kekuatan dan pengisian energi. Merawat tubuh setelah olahraga akan berdampak baik untuk otot. Dilansir dari lifemojo berikut beberapa tips yang dilakukan setelah  olahraga.

  1. Melakukan peregangan

Hal ini membantu otot menjadi hangat dan lebih elastis serta meningkatkan fleksibilitas dan memaksimalkan jangkauan gerak di sekitar sendi. Peregangan dilakukan di semua kelompok otot utama yang terlibat dalam olahraga.

  1. Istirahat atau melakukan cool down

Tubuh memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mengurus dirinya sendiri jika diberikan beberapa waktu. Beristirahat dan menunggu setelah olahraga memungkinkan proses perbaikan dan pemulihan terjadi.

  1. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat seperti membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran yang membuat orang menjadi lebih rileks.

  1. Mandi

Setelah istirahat beberapa saat, mandilah dengan air hangat selama 3-4 menit lalu kemudian dibilas dengan air dingin selama 1 menit. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk diperluas sedangkan air dingin membuatnya kontraksi atau mengecil kembali. Kondisi ini akan mempercepat aliran darah.

  1. Makan setelah olahraga

Seseorang perlu mengisi bahan bakar lagi untuk memulihkan, memperbaiki jaringan sehingga semakin kuat dan siap untuk tantangan berikutnya. Idealnya adalah makan 60 menit setelah olahraga dan mengonsumsi protein berkualitas tinggi serta karbohidrat kompleks.

  1. Mengganti cairan

Minum air selama olahraga sama pentingnya dengan menjaga tetap terhidrasi setelah olahraga. Para ahli biasanya menyarankan minum 2-3 gelas dalam waktu 2 jam setelah olahraga kemudian minum secara teratur untukmencegah dehidrasi.

  1. Melakukan pijatan

Pijat bisa membuat dan memperbaiki sirkulasi lebih baik sehingga jadi lebih santai. Pijat yang baik secara teratur adalah hal yang penting, meski kebanyakan dilakuakn sebulan sekali.

photo from exercise.lovetoknow.com

photo from exercise.lovetoknow.com

Baca artikel lainnya:

Ayo Olahraga Agar Terhindar Dari Penuaan Dini

Berenang, Olahraga Paling Baik Untuk Dilakukan

Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment