Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Klitoris

Klitoris merupakan organ seksual wanita yang ditemukan di ujung antara kedua bibir vagina. Klitoris selalu diidentikkan dengan penis para pria karena bentuknya yang mirip dengan penis. Klitoris juga sensitif seperti penis. Klitoris banyak dialiri oleh pembuluh darah dan urat saraf, sehingga tak heran bila klitoris merupakan daerah yang amat sensitf dengan rangsangan seksual.

ilustrasi kesehatan vital

ilustrasi kesehatan vital beritapilihan

Ada fakta-fakta menarik tentang klitoris yang perlu Anda ketahui. Pertama, Klitoris merupakan organ tubuh yang amat unik. Seorang profesor dan peneliti seks di Concordia University di Montreal, Jim Pfaus, PhD,  mengatakan bahwa klitoris merupakan satu-satunya organ tubuh dengan fungsi tunggal sebagai penyedia kesenangan. Sampai tahun 1998 sebagian besar buku pelajaran menggambarkan klitoris dibagian kelenjar eksternalnya saja. Seorang urolog Australia, Helen O’Connell mengungkap melalui serangkaian studi MURI bahwa klitoris sebenarnya amat kompleks. Sistem organ ini amat kuat, menjadi bagian yang amat penting dalam sistem reproduksi.

Kedua, klitoris merupakan bagian internal organ tubuh yang terhubung ke kelenjar oleh corpora cavernosa, dua daerah lekukan dari jaringan ereksi. Jauh di bawahnya, cabang kavernosum nampak seperti sepasang sayap yang dikenal dengan krura yang dapat memperpanjang diri ke dalam tubuh dan berada di disekitar saluran vagina. Kemudian, di bawah krura ada vestibules klitoris atau vestibular. Struktur klitoris nampak seperti kantung yang terbuat dari jaring. Saat terangsang, kantung ini akan penuh dengan darah.

orgasme

orgasme wartakota

Ketiga, klitoris merupakan bagian organ tubuh yang paling kaya saraf. Seorang pendidik seksual dari Kinsey Institute, Debra Herbenick, PhD, mengatakan kelenjar klitoris mengandung sekitar 8.000 ujung saraf. Bisa dibilang, kelenjar klitoris memiliki saraf-saraf yang dua kali lebih banyak dari penis. Sehingga potensi kesenangan yang dapat diperoleh ketika terangsang merupakan puncak dari orgasme yang amat disukai oleh kebanyakan orang. Zona sensitif seksual ini menyebarkan perasaan senang ke dalam 15.000 saraf lain di panggul. Itulah kenapa, ketika Anda berada dalam puncak orgasme, tanpa sadar panggul Anda “menari”, pada momen ini pasangan Anda pun akan ikut merasakan kenikmatan.

Keempat, ternyata sifat klitoris pada setiap wanita berbeda satu sama lain. Hal ini kemungkinan terjadi karena setiap wanita memiliki keunikan, sehingga sifat klitorisnya pun juga berbeda. Setiap wanita membutuhkan berbagai jenis rangsangan untuk merasa puas. Hal ini tergantung pula pada sifat biologis anatomi tubuhnya yang unik. Herbenick menambahkan bahwa walaupun klitoris itu memiliki sifat unik karena sensitif tidak berarti semu orang akan mudah terangsang secara langsung ketika klitoris tersentuh. Beberapa wanita memiliki klitoris yang lebih mudah terangsang jika pasangannya menyentuh bagian yang dekat dengan klitoris bukan di bagian tersebut secara langsung. Jika klitoris terlalu sensitif dengan stimulasi langsung, hal itu justru bisa mengganggu kenikmatan saat berhubungan seksual.

Untuk mengatasi hal ini, Jim Pfaus, PhD, menyarankan agar wanita menjelajahi kemungkinan hal-hal yang Anda sukai. Terutama di bagian sensitif pada tubuh Anda, terutama pada bagian-bagian seksi Anda.

Baca juga informasi sehat lainya seperti:

Cara menjaga kesehatan vagina

Mengenal douching, sebuah cara untuk membersihkan bagian dalam vagina

Tips meningkatkan gairah seks wanita tanpa viagra

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment