Hal-Hal yang Bisa Disebabkan Oleh Kesemutan

photo from  health.kompas.com

photo from health.kompas.com

Siapa sih yang belum pernah merasakan syndrome ini. Sebuah kebiasaan yang diakibatkan karena aliran darah yang tidak lancar ini dapat membuat setiap orang tentu pernah merasakan kesemutan. Jika sering muncul mendadak dan tanpa sebab, maka waspadai gejala neuropati. Neuropati adalah masalah saraf yang menyebabkan nyeri, mati rasa, kesemutan, pembengkakan, atau kelemahan otot pada bagian tubuh yang berbeda atau terjadinya kerusakan saraf akibat trauma pada saraf, atau akibat efek samping suatu  penyakit yang sistemik.

Anda dapat mencegah neuropati dengan mengenali gejala-gejalanya terlebih dahulu. Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan masalah saraf tersebut muncul. Penderita kelainan pada saraf ini biasanya tidak melakukan hal yang dapat menghambat aliran darah namun tiba-tiba saja dapat kesemutan dengan sendirinya. Selain mengalami kesemutan, gejala lain yang muncul berbentuk rasa nyeri seperti terbakar ditangan dan kaki. Matirasa, kram, kaku otot, kehilangan kontrol kandung kencing, kulit hipersensitif, kulit mengilap, rambut rontok di area tertentu, kelemahan anggota gerak, hingga penyusutan otot.

photo from  kesemutan.org

photo from kesemutan.org

Serangan neuropati pada saraf motorik dapat dilihat dari gejala-gejalanya yang ditimbulkan, seperti, kaki dan tangan yang lemas, kram, atau otot berkedut dengan sendirinya. Lalu jika menyerang pada saraf otonom atau saraf yang bekerja tanpa sadar biasanya kulit akan mengering, sering buang air kecil, diare. Neuropati dapat menyerang beberapa saraf sekaligus. Cara mencegahnya neuropati adalah dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga serta mengonsumsi vitamin neurotropik yang terdiri atas vitamin B1, B6 dan B12 secara teratur. Jika Anda memiliki pola hidup tidak sehat, maka cepat ubah sebelum terlanjur menderita penyakit ini karena akan berakibat fatal. Neuropati bisa saja menyerang siapa saja, tetapi lebih banyak menyerang mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Apalagi bagi penderita diabetes atau yang beresiko lebih tinggi. Selain itu penderita penyakit jantung dan hipertensi, perokok, dan yang suka mengkonsumsi alkohol.

Baca artikel lainnya:

Ragam Alternatif Camilan Sehat

Delima, Camilan Mungil Kaya Manfaat

Temukan Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan di Sini!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment