Gaya Kerja Modern Bisa Meningkatkan Resiko Terserang Penyakit Berbahaya

Anda mencoba untuk keluar dari zona malas tapi tidak berhasil? Mungkin pilihan gaya kerja Anda mempengaruhi hal itu.

gadget dan kesehatan

gadget dan kesehatan boldsky

Manusia pada dasarnya memiliki sifat malas. Sejak dari nenek moyang kita sampai generasi berikutnya rasa malas tidak pernah hilang, sebab rasa malas memang salah satu sifat alami yang dimiliki manusia. Akan tetapi, apa yang membedakan seseorang yang mampu mengatur rasa malasnya dengan yang tidak?

Sains telah membuktikan bahwa tubuh kita secara alami memiliki cara paling efisien untuk mengolah energi yang diperlukan untuk melakukan sesuatu. Pada kecepatan dan langkah panjang yang teratur, secara otomatis jumlah kalori yang dibutuhkan sudah terproses di dalam tubuh. Itu berarti, jika sistem saraf Anda tidak digunakan untuk bekerja, maka kalori yang terbakar di dalam tubuh akan menjadi rendah.

Dalam penelitian terbaru, para peneliti meneliti sembilan partisipan. Para partisipan akan berjalan selama beberapa menit. Sementara partisipan melakukan treadmill, para peneliti mengukur bagaimana laju kalori di dalam tubuh.

Hanya dalam hitungan menit, mereka menemukan bahwa ketika orang-orang tersebut mengubah cara bergerak, kalori yang dikeluarkan juga ikut berubah. Semakin pelan, semakin rendah kalori yang dipergunakan menjadi energi.

Terlihat bahwa pergerakan ini juga bisa memberikan efek buruk, orang-orang yang berjalan semakin pelan, hingga akhirnya berdiam lama ternyata justru mengalami masalah besar di kemudian hari.

Tes Darah

Tes Darah benchmarkreporter

Penelitian tersebut sejalan dengan apa yang terjadi dengan orang-orang di jaman modern ini. Dibandingkan dengan nenek moyang yang lebih banyak melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sehingga pergerakan kalori di dalam tubuh terus berlangsung sepanjang hari, orang-orang modern kebanyakan akan melakukan pekerjaannya di balik meja. Ditambah lagi, mereka akan difasilitasi dengan kursi atau sofa yang meningkatkan rasa nyaman untuk berdiam diri sambil duduk. Saat melakukan perjalanan, mereka tidak perlu menggerakkan kaki, cukup dengan duduk di balik stir mobil, duduk di atas kursi pesawat, atau kapal mereka sudah bisa sampai ke lokasi tujuan. Fasilitas-fasilitas ini meminimalisir pergerakan tubuh. Apa efeknya?

Pilihan gaya kerja ini akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Semakin lama ia duduk dan semakin sedikit ia bergerak maka semakin sedikit kalori yang akan dipergunakan. Kondisi ini memperlihatkan bahwa  banyak kalori akan tertimbun di dalam tubuh dan bisa mengakibatkan kegemukan. Selain kegemukan, penimbunan kalori di dalam tubuh juga akan memberikan efek tak sehat pada jantung, Anda pun juga bisa mengalami diabetes, dan stroke.

Oleh karena itu, keluarlah dari zona malas, berolahraga setiap pagi akan membantu Anda membakar kalori yang tidak diperlukan oleh tubuh. Dengan bergerak cukup sering juga dapat menyeimbangkan kestabilan peredaran darah Anda. Sesekali, Anda tidak menggunakan mobil atau motor ke suatu tempat yang jaraknya kurang dari 5 km, langkah bijak ini akan membuat Anda terhindar dari penyakit berbahaya!

Baca juga info sehat lainnya seperti:

Makanan yang harus dihindari saat terkena gangguan pencernaan

Kenali 7 tanda jantung tak sehat

Ternyata obesitas dapat memicu terjadinya radang sendi lho!

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: Times. com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment