Gadget Bisa Meningkatkan Risiko Terserang Kanker Kulit

 

Gadget seperti tablet, smartphone, dan laptop dapat memantulkan cahaya ultraviolet dari matahari dan secara berangsur-angsur perangkat ini dapat meneruskan gelombang penyebab kanker pada kulit tubuh Anda. Begitulah laporan hasil dari sebuah penelitian terbaru yang dilaporkan dalam foxnews.com.

gadget

gadget huffingtonpost.ca

Menurut keterangan Mary E. Logue dari University of New Mexico di Albuquerque bersama dengan Dr. Barret J. Zlotoff, mengatakan bahwa gadget seperti tablet, smartphone, dan laptop biasanya digunakan untuk komunikasi atau hiburan, Anda bisa saja mengabaikan akibatnya namun ketika Anda kebetulan menangkap cahaya silau dari layar, setelahnya sebaiknya Anda waspada.

Alat-alat ini memiliki sistim reflektor di dalamnya yang dapat menangkap cahaya. Reflektor inilah yang dapat menimbulkan risiko kesehatan pada kulit. Sebab pantulan cahaya dari reflektor akan langsung diterima oleh tubuh Anda ketika gadget digunakan.

Dalam sebuah observasi kecil, yang dilakukan di lapangan berumput di Alburqueque, para peneliti membuat sebuah kepala manekin disorot menggunakan lampu dengan cahaya bersifat UVA. Kemudian gadget ditempatkan di depan manekin, dengan posisi sedemikian rupa, sehingga gadget dapat memantulkan sorotan lampu tersebut. Selain gadget, di sekitar manekin terdapat juga majalah. Fungsi keberadaan majalah ini untuk membuktikan seberapa banyak paparan sinar UV yang akan diterima perangkat gadget yang kemudian akan diterima oleh tubuh Anda secara tidak langsung. Mereka melakukan observasi selama satu jam, dari jam sebelas siang sampai dua belas siang.

gadget dan kesehatan

gadget dan kesehatan boldsky

Pertama-tama peneliti membawa  perangkat gadget agak menjauh dari manekin. Saat itu terlihat pantulan sinar UV di majalah menjadi lebih besar. Paparan ini menyebabkan majalah terlihat lebih terang. Jika mata telanjang melihatnya, tentu akan silau. Paparan tersebut merupakan bukti adanya paparan UV yang dapat membahayakan manusia. Peneliti kemudian menghitung, kurang lebih ada risiko sebesar 46 persen Anda dapat terkena kanker kulit dengan paparan seperti tersebut di atas.

Setelah melihat seperti apa paparan sinar UV pada majalah, peneliti kemudian mendekatkan  gadget pada wajah manekin. Terlihat adanya paparan sinar UV yang memantul dari gadget ke wajah manekin. Dari paparan tersebut diketahui adanya resiko wajah Anda bisa terkena kanker sebanyak 36 persen.

Tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari risiko kanker kulit adalah membatasi penggunaan perangkat gadget di dalam maupun di luar ruangan. Disarankan pula agar saat menggunakannya, Anda menggunakan kaca mata yang sudah dilengkapi dengan anti radiasi cahaya UV. Selain itu, saat keluar rumah gunakan tabir surya terutama di daerah leher dan wajah. Piihan lainnya, Anda bisa merancang ulang perangkat gadget yang biasa Anda pakai menjadi kurang reflektif terhadap cahaya atau dengan menyertakan teknologi sensor UV. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit.

Baca juga informasi lainnya mengenai kesehatan kulit.

Waspadai bahaya sinar matahari bagi kulit manusia

5 kesalahan penggunaan tabir surya yang harus Anda sadari

Melawan alergi matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.foxnews.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment