Fungsi Lain Karbohidrat untuk Tubuh

Karbohidrat diketahui sebagai pembangun energi untuk tubuh tapi bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan tubuh untuk membangun energi.  Di luar hal tersebut, selain sebagai pembangkit energi, karbohidrat ternyata juga berfungsi untuk melindungi otot.

Ilustrasi Ilustrasi sumber karbohidrat

Ilustrasi Ilustrasi sumber karbohidrat pixabay

Dikarenakan karbohidrat menjadi bagian penting untuk membangun energi, maka diet yang menyebabkan tubuh Anda tak menyediakan jumlah karbohidrat yang cukup bisa membuat tubuh Anda membakar diri sendiri. Sebab, tubuh akan mengambil sumber energi dari jaringan lain, salah satunya ialah lemak dan tubuh juga akan membakar jaringan proteinnya sendiri. Jika tubuh menggunakan lemak dan protein di dalam dirinya sendiri untuk membangun energi, maka tubuh Anda bsia kehabisan bahan bakar lalu mati.

Selain sebagai salah satu pembangun energi dan secara otomatis juga melindungi keberadaan protein dalam jaringan otot, karbohidrat juga memiliki peranana lain, yakni mengatur jumlah gula yang beredar dalam darah. Karbohidrat memastikan distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh Anda agar tetap memiliki energi untuk mendukung aktivitas Anda.

Selama itu, karbohidrat juga akan memberikan nutrisi untuk bakteri baik dalam saluran usus Anda. Bakteri baik berfungsi untuk membantu mencerna makanan di dalam tubuh. Selain itu, bakteri baik juga akan memastikan penyerapan tubuh akan kalsium terjadi dengan baik.

Di samping itu, karbohidrat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur tekanan darah. Efek ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi. Jadi, karbohidrat amat baik untuk tubuh bukan?

menjaga kebugaran tubuh

menjaga kebugaran tubuh segiempat

Karena itulah, untuk Anda yang sedang melakukan program diet, jangan lupakan asupan karbohidrat untuk tubuh Anda. Memperhatikan konsumsi karbohidrat selama diet akan membuat Anda tetap sehat karena terhindar dari masalah pencernaan.

Tubuh Anda membutuhkan sedikitnya satu gram karbohidrat yang mengandung glukosa setiap harinya. Memberikan lebih banyak karbohidrat lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh Anda bisa menyebabkan kegemukan. Itulah kenapa, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat bisa menyebabkan obesitas.

Jaga asupan karbohidrat Anda secara seimbang ya, agar fisik Anda tak mudah sakit. Sel dan darah Anda adalah hal penting di dalam tubuh yang akan mempengaruhi seluruh aktivitas organ dalam tubuh. Tanpa darah, organ-organ yang lain tidak mendaptkan asupan oksigen sehingga bisa menyebabkan rasa kaku hingga akhirnya strokeSelamat menjaga kesehatan.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Alasan kenapa Anda harus makan blueberry

4 kombinasi makanan yang baik untuk pikiran dan tubuh

Cara menjaga kebutuhan energi Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dummies.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment