Fakta Tentang Vertigo

Pusing sesekali memang wajar terjadi pada orang dewasa. Akan tetapi, seseorang dapat terserang vertigo pada saat-saat tertentu. Di dunia, kurang lebih ada sekitar 40 persen orang dewasa terserang vertigo karena tingkat sakit kepalanya sudah semakin serius.

ilustrasi vertigo

ilustrasi vertigo pixabay

Gejala vertigo paling umum ialah gangguan keseimbangan. Hal ini juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Umumnya, kondis seorang vertigo mudah pusing dan mengalami kesulitan untuk menstabilkan tubuh pada saat-saat mereka terlalu banyak menjalani aktivitas.

Organ tubuh yang terkait erat dengan serangan vertigo adalah telinga, terutama telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mengandung kalsium dan kristal penginderaan yang disebut dengan otoconia. Jika kristal ini terlepas dan mengapung di kanal telingat bagian dalam, maka hal ini bisa menyebabkan rasa pusing sesaat. Efek selanjutnya ialah hal ini akan mempengaruhi keseimbangan tubuh Anda ketika bergerak.

Kebanyakan kasus vertigo terjadi tanpa alasan, akan tetapi dari hasil penelitian dan wawancara dengan pendertia vertigo ditemukan kesimpulan bahwa mereka yang mengalami sakit kepala akut ini rata-rata memiliki masalah kesehatan lainnya seperti trauma, migrain, infeksi telinga bagian dalam, diabetes, dan osteoporosis. Setelah dilakukan pemeriksaan, sekitar 50 persen pasien yang ikut serta dalam pemeriksaan ini diketahui bahwa penyebab utama mereka sering mengalami vertigo ialah karena trauma.

head

head pixabay

Dalam sebuah studi baru ditemukan bahwa sistem keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam ternyata berkontribusi pula dalam sistem kontrol aliran darah di dalam tubuh. Uniknya, telinga bagian dalam adalah organ yang dapat mengetahui di titik mana sel tubuh membutuhkan energi dan aliran darah lebih besar agar mampu beregenerasi. Fungsi lain dari telinga bagian dalam ini ialah ketika Anda bergerak, seperti berbaring, berjalan, berdiri, dan lain sebagainya, dua struktur telinga bagian dalam berupa utrikulus dan sakulus, merupakan bagian yang bertugas untuk mendeteksi gravitasi. Jika proses tersebut mengalami masalah, dapat dipastikan Anda akan mengalami pusing.

Cara agar Anda terhindarkan dari masalah ini adalah Anda memiliki cukup banyak asupan vitamin B12. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan sejumlah masalah neurologis, termasuk ketidakseimbangan, memiliki tekanan darah rendah, dan penurunan aliran darah ke otak. Tak terbantahkan lagi, akhirnya dengan mudahnya Anda bisa terserang vertigo.

Agar kebutuhan vitamin B12 Anda terpenuhi dengan baik, konsumsilah bahan makanan yang merupakan sumber vitamin B12, diantaranya daging, susu, dan sereal gandum. Sekitar 3 persen orang dewasa berumur lebih dari 51 tahun di dunia ini mengalamai vertigo, dengan memenuhi kebutuhan Vitamin B12, semoga Anda bisa terhindar darinya.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Cara alami meredakan nyeri pembuluh jantung

Gadget bisa meningkatkan resiko terserang kanker kulit

Waspadai tanda-tanda melanoma berikut ini

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.popsugar.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment