Duduk Terlalu Lama Bisa Berbahaya untuk Kesehatan Anda

Duduk terlalu lama ternyata berbahaya untuk kesehatan Anda. Hal itu terjadi sekalipun Anda berolahraga secara teratur.

Remaja

Remaja popsugar

Sebuah studi baru dari Australia menemukan bahwa duduk nampak terkait erat dengan peningkatan kadar gula dalam darah dan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan tambah berat badan, diabetes, dan penyakit jantung. Sebelum terjadi masalah kesehatan tersebut, disarankan Anda untuk berdiri dan berjalan-jalan selama beberapa saat untuk membantu meningkatkan semua peredaran darah. selain itu berdiri dan jalan-jalan di sela-sela duduk Anda juga bisa membantu memberikan pinggang istirahat sejenak dari menahan beban tubuh Anda selama duduk.

Memberikan jeda sejenak dari duduk dengan cara berdiri dan jalan-halan bisa memberi manfaat bagi kesehatan metabolisme tubuh dan jantung. Seorang peneliti senior dari University of Queensland di Herston menyatakan, lebih banyak waktu yang dihabiskan dengan berdiri daripada duduk dapat meningkatkan kemampuan tubuh mengatasi gula darah, lemak dalam darah, dan kolesterol. Sementara itu, menghabiskan waktu dengan duduk daripada berjalan dapat menimbulkan masalah pada pinggang karena terlalu lama menahan beban tubuh Anda.

Untuk membuktikan hal tersebut di atas, peneliti melibatkan 782 pria dan wanita dalam penelitian. Pria dan wanita yang terlibat dalam penelitian ini berumur kurang lebih 36-80 tahun. Para peneliti memberikan aktivitas pada 782 pria dan wanita tersebut kemudan memonitori kondisi kesehatan mereka setiap hari.

Olahraga di Pagi Hari

Olahraga di Pagi Hari bepositivebefit

Sebelum dicek kesehatannya, para peserta akan dimonitor pula kegiatannya sehari-hari, baik itu duduk, berdiri, berbaring, berjalan, dan juga berlari. Seluruh aktivitas para peserta penelitian menjadi objek penelitian. Selanjutnya ketika cek kesehatan dilakukan, penelitia akan mengambil smapel darah, tekanan darah, lingkar pinggang, tinggi dan berat badan peserta. Monitor dilakukan selama 24 jam selama tujuh hari.

Selama itu, peneliti menemukan bahwa berdiri selama dua jam per hari dapat mengurangi2 persen kadar gula darah dan trigiliserida (lemak yang mengalir dalam darah) rata-rata 11 persen lebih rendah daripada peserta yang kebanyakan melakukan aktivitas dengan duduk.

Lebih banyak beraktivitas dengan berdiri juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Selain itu, menjalani aktivitas dengan berdiri dapat mengurangi berat badan tubuh hingga 11 persen setiap hari dan lingkar pinggang juga menjadi tiga kali lebih kecil bila dibandingkan dengan mereka yang banyak beraktivitas dengan duduk.

Dr. Gregg Fonarow, profesor kardiologi di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa terlalu banyak juga beresiko terserang diabetes, penyakit jantung, hingga kematian dini.  Menurutnya, orang-orang yang duduk terlalu lama memiliki resiko kematian dini yang tinggi meskipun mereka sudah rutin berolahraga.

Para peneliti dan dokter kesehatan menyarankan agar Anda menyeimbangkan diri antara duduk, berjalan, dan berdiri selama bekerja. Sebab semua itu berkait erat dengan perkembangan kesehatan Anda.

Selamat menjaga kesehatan!

Baca juga info sehat lainnya seperti:

Pentingnya kalsium bagi perempuan

Ini alasan kenapa kalsium untuk tubuh Anda

Ketika terapi hormon dan suplemen kalsium dapat mempengaruhi masa menopause

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment