Deteksi Dini Penyakit Kanker Serviks Ternyata Ada yang Murah dan Mudah! Berikut Informasi Selengkapnya!

Wanita

Wanita pixabay

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyebab kematian yang sangat ditakuti. Pasalnya gejala awal kanker serviks tidak menunjukkan gejala yang khas. Namun pada stadium lanjut, gejala kanker serviks dapat berupa pendarahan, keputihan yang berbau, nyeri pinggul hingga sulit buang air kecil.

Karena gejala awal yang tidak terlihat inilah deteksi dini kanker serviks menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Dulu kita mungkin hanya mengenal teknik pap smear saja, sekarang ada teknik deteksi dini kanker serviks yang lebih mudah dan lebih murah, IVA namanya. IVA merupakan singkatan dari Inspeksi Visual dengan Asam Asetat. Sesuai dengan namanya, tes ini dilakukan dengan meneteskan asam asetat ke leher rahim.

Karena itulah tes ini tergolong cepat, mudah, murah namun dinilai efektif untuk mendeteksi kanker serviks. Selain itu tes ini juga tidak menyakitkan karena hanya dilakukan dengan cara meneteskan asam asetat saja, lalu dilihat bagaimana perubahan warna yang terjadi. Perubahan warna inilah yang akan menunjukkan ada tidaknya masalah pada leher rahim.

Nanti kalau warnanya tidak berubah (tetap merah) berarti hasil tes tidak menunjukkan adanya masalah pada leher rahim. Namun sebaliknya, jika warna berubah menjadi putih maka hal ini menunjukkan adanya kelainan pada leher rahim. Selain mudah, tes ini juga dapat dilakukan kapan saja, baik sebelum ataupun sesudah haid.

Wanita

Wanita pixabay

Menariknya lagi, jika dibandingkan dengan harga pap smear, harga yang dipatok untuk melakukan tes IVA ternyata jauh lebih murah. Untuk perbandingan saja ya, tahun lali pas smear dipatok dengan harga 125K sedangkan IVA hanya 25K saja. Idealnya cakupan skrining bisa mencapai 80% dari populasi wanita yang ada. Berbeda halnya dnegan yang terjadi di Indonesia, yang baru mencapup 2% dari jumlah populasi wanita yang ada. Nah!

Baca juga:

Mengenal Pap Smear, Teknik Pemeriksaan Kesehatan Leher Rahim Wanita

Tips untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Rahim

Informasi Penting Seputar Kuret

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  health.kompas.com, health.detik.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment