Dampak Negatif Minum Kopi Saat Perut Kosong

Untuk para pecinta kopi, minum kopi saat sarapan seperti sebuah pelengkap yang tak terlewatkan. Akan tetapi, sebagai pecinta kopi sebaiknya Anda juga harus memperhatikan detail cara meminum yang baik agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Anda perlu memperhatikan hal-hal detail seperti waktu minum kopi yang baik dan kombinasi apa yang baik dan buruk selama minum kopi.

Kopi

Kopi pixabay

Waktu terbaik minum kopi adalah setelah sarapan. Jika Anda minum kopi sebelum sarapan, dengan kata lain perut masih dalam keadaan kosong, maka ini merupakan tindakan yang dapt membahayakan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Minuman ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, namun minum kopi saat perut kosong merupakan jalan untuk merusak usus perut. Tak dipungkiri bahwa kopi merupakan sumber penting dari antioksidan dan kopi juga terbukti efektif untuk mencegah berbagai penyakit ganas, seperti kanker usus besar. Sifat antioksidan dari kopi adalah hasil dari asam klorogenant yang ditemukan dalam buah-buahan. Para ahli bersepakat, kopi dapat berdampak buruk bila diminum ketika perut kosong.

Minum kopi dalam kedaan perut kosong bisa menyebabkan protein terjabak dalam tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kembung dan iritasi atau radang usus. Penelitian menyimpulkan kopi lebih baik diminum setelah sarapan, minimal Anda sudah mengonsumsi sepotong roti satu jam setelah bangun tidur. Satu jam kemudian, perut Anda dalam keadaan aman untuk mengonsumsi kopi.

kopi dan sarapan pagi

kopi dan sarapan pagihealth.ninemsn

Kopi tidak boleh diminum segera setelah bangun karena tingkat kortisol dalam tubuh sedang dalam keadaan sangat tinggi. Oleh karena itulah Anda harus menunggu sampai tingkat kortisol dalam tubuh menurun. Kortisol merupakan zat dalam tubuh yang bertanggungjawab untuk mengontrol kerja biologis sel-sel tubuh dan mendorong sistim kewaspadaan dalam sistem intuisi di otak manusia.

Kesimpulannya, minum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan perut mulas, kembung, dan bahkan muntah. Jika Anda bukan tipe orang tidak suka sarapan, dan membutuhkan kopi, sebelum mengonsumsi kopi sebaiknya minumlah sedikit madu atau tambahkan susu di kopi Anda. Kombinasi kopi dan susu setidaknya dapat menyelamatkan usus Anda.

Para pecinta kopi, silahkan hati-hati dalam mengonsumsi minuman kesukaan Anda ya, apapun itu baik kopi, soda, atau pun teh, perhatikan baik-baik detailnya agar kesehatan Anda tidak terancam.

Baca juga iformasi lain terkait minuman sehat lain seperti:

Manfaat teh hitam untuk kesehatan

Daftar minuman yang menambah lemak di perut

5 minuman yang takkan menggagalkan diet Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthyfoodteam.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment