Dampak Buruk Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi

Kopi pixabay

“Asal pagi sudah minum kopi, badan bisa segar kembali!”. Ada kemungkinan kalimat ini tidak asing lagi bagi Anda. Selain mengusir kantuk, bagi sebagian orang menikmati kopi di pagi hari juga dapat menjadi moodboster tersendiri. Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami hal serupa, jangan lewatkan info penting berikut ini, dampak buruk minum kopi di pagi hari!

Perlu diketahui bahwasanya di pagi hari kadar kortisol dalam tubuh sedang tinggi. Kortisol merupakan hormon steroid yang digunakan untuk mengembalikan keseimbangan tubuh ketika stres. Karena itulah kortisol dikenal pula dengan sebutan hormon stres. Selain dilepaskan oleh tubuh sebagai respon terhadap stres, kortisol juga direlease saat glokusa dalam darah sedang rendah.

Nah mengkonsumsi kopi berkafein saat kadar kortisol dalam tubuh sedang tinggi dapat menyebabkan dua masalah. Pertama hal ini dapat mengganggu produksi kortisol dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan memproduksi kortisol dalam jumlah yang lebih rendah sehingga seseorang akan merasakan keinginan untuk kembali menambah jumlah asupan kafein. Ini artinya tubuh akan muncul keinginan minum kopi lagi.

Pengaruh kedua tidak lain terkait dengan tingkat toleransi tubuh terhadap kafein itu sendiri. Jika segelas kopi di pagi dirasa tidak cukup maka otomatis seseorang akan meningkatkan konsumsi kopi. Akibatnya tubuh akan lebih toleran terhadap kafein. Jika sudah demikian, minum kopi tidak lagi mampu mendongkrak semangat dan stamina seperti sebelumnya.

Kopi

Kopi pixabay

Menariknya, tingginya kadar kortisol tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 yang lalu, tingginya kadar kortisol juga terjadi pada malam dan dini hari. Jarena itulah waktu terbaik menikmati kopi atau minuman berkafein lainnya berada pada pukul 10 pagi, siang hari atau sore hari sekitar pukul 14.00 hingga 17.00. Untuk memaksimalkan manfaat kopi, para penikmat kopi sebaiknya juga mempertimbnagkan waktu konsumsi itu sendiri. Bagaimana dengan pengalaman minum kopi Anda?

Baca juga:

Minum Kopi dengan Cara Ini Agar Tetap Sehat

Apakah Kopi Dapat Melawan Datangnya Penuaan Dini?

Fakta Menarik Tentang Decaf Coffee

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com, www.amazine.co, www.spesialtips.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment