Daftar Makanan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah

Pasta

Pasta blog.mint.com

Ada sebagian orang yang mengalami kelelahan setelah makan besar, apalagi jika sampai kekenyangan. Ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan kondisi lelah usai makan besar. Salah satunya akibat kurangnya asupan oksigen ke otak yang diakibatkan karena proses pencernaan makanan. Maklum saja oksigen menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan saat berlangsungnya proses pencernaan makanan. Selain itu ternyata ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan rasa lelah setelah dikonsumsi. Berikut beberapa diantaranya!

Yang pertama adalah pasta, salah satu sumber karbohidrat yang mudah dibuat. Sayangnya makanan ini dapat menaikkan kadar gula dalam darah yang diikuti dengan penurunan kadar insulin. Keadaan inilah yang memicu timbulnya rasa lelah dan lemah pada tubuh. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengkonsumsi makanan tinggi tepung dan gula seperti kue, muffin dan yang lainnya. Makanan jenis ini dapat menimbulkan efek kantuk.

Selanjutnya ada pisang. Selain kaya akan kalium ini ternyata pisang juga mengandung kadar magnesium yang tinggi.  Dan ternyata, magnesium dapat membantu proses tidur seseorang. Jadi jangan heran jika Anda mengantuk usai makan buah yang satu ini. Buah lain yang perlu diperhatikan waktu konsumsinya adalah buah ceri. Perlu diketahui bahwa buah ceri merupakan salah satu sumber alami melatonin, hormon yang dikenal dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jadi jika ingin mengkonsumsi ceri, lakukan di malam hari ya!

Salmon

Salmon janetzappala

Bahan makanan lain yang dapat menyebabkan kantuk adalah daging merah. Meskipun menawarkan kandungan zat besi kaya akan kandungan lemak. Seperti yang diketahui bersama, lemak lebih sulit dicerna tubuh karena memerlukan proses pemecahan yang lebih rumit daripada nutrien lainnya. Karena hal inilah tubuh memerlukan banyak energi untuk mencerna daging merah tersebut. Ada lagi salmon. Meski merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik, ternyata salmon juga kaya akan vitamin B6. Vitamin jenis ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat melatonin, si hormon tidur. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sehat dengan Makanan Tinggi Serat

Makanan yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.huffingtonpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment