Daftar Makanan Terburuk untuk Dikonsumsi Saat Malam Hari

Makanan Berlemak

Makanan Berlemak pixabay

Rasa lapar merupakan salah satu perasaan yang bisa datang kapan saja, tidak terkecuali saat larut malam. Jika Anda kerap mengalami hal ini namun tidak mau kualitas tidur menjadi terganggu, maka beberapa makanan ini patut Anda jauhi. Apa saja kiranya? Berikut beberapa diantaranya!

Yang pertama adalah makanan yang berminyak ataupun berlemak. Makanan berminyak, berat dan berlemak tidak hanya dapat membuat Anda merasa lesu pada keesokan harinya, namun juga dapat memperberat kinerja pencernaan Anda. Jadi buang jauh-jauh dari benak Anda untuk menikmati makanan cepat saji, kacang, es krim ataupun aneka makanan yang termasuk golongan super cheesy foods sebelum tidur.

Selanjutnya ada daging merah ataupun makanan dengan kandungan protein. Layaknya makanan berlemak di kelompok pertama, daging merah dapat membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tidur. Pencernaan yang beratlah yang ditengarai sebagai penyebabnya. Anda tidak perlu menghindari makanan berprotein sebelum tidur, namun pastikan Anda menikmati dalam porsi yang kecil saja. Atau Anda dapat mengganti konsumsi seporsi daging dengan secangkir yoghurt.

Kelompok ketiga yang patut dihindari adalah kelompok makanan manis ataupun makanan yang tinggi karbohidrat. Makanan golongan ini dapat menyebabkan terjadinya lonjakan dan penurunan energi dalam waktu yang cepat. Meski terlihat sepele namun hal ini dapat mengganggu proses tidur Anda. Karena itulah cake, cookies atau aneka dessert lainnya penting untuk dihindari. Jika ingin camilan yang manis namun menyegarkan, Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi apel.

Makanan pedas juga kurang baik dikonsumsi saat malam mulai larut. Memang rempah-rempah ditengarai mampu menjadi obat alami bagi berbagai penyakit. Namun bagaimanapun juga makanan yang pedas dapat menimbulkan rasa panas baik pada mulut ataupun perut. Selain itu rasa pedas pada makanan juga dapat merangsang indera seseorang yang dapat mengakibatkan sulit tidur.

Makanan Pedas

Makanan Pedas pixabay

Terakhir hindarilah makan dengan porsi yang besar. Untuk menghindari efek susah tidur usahakan agar total kalori yang dikonsumsi sebelum tubuh tidak lebih dari 200 kalori. Selain mengurangi beban sistem pencernaan, membatasi konsumsi makanan saat larut malam dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman. Anda juga dapat mengurangi rasa lapar dengan minum segelas air. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Tidur dengan Rambut Basah, Berbahayakah?

Salah Posisi Tidur Pada Bayi Bisa Berujung Kematian

Tidur Siang Ternyata Membantu Fungsi Jantung Lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment