Daftar Bahan Pangan yang Direkomendasikan Oleh Ahli Diet

Diet merupakan salah satu program yang dijalankan banyak oleh orang, bahkan lintas gender sekalipun. Jika Anda termasuk salah satunya, berikut beberapa diet food yang direkomendasikan oleh Julie Upton, seorang ahli diet dari Appetite for Health.

Saat sedang diet, Anda membutuhkan beragam jenis makanan sehat yang mampu mencukupi dan mendukung program diet tersebut. Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan adalah menyediakan stok makanan berkualitas di dapur Anda. Meski terlihat sepele namun hal ini perlu menjadi perhatian saat sedang menjalani program diet.

Selain dapat menikmati makanan sehat dan lezat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sajian rumahan menyediakan makanan dengan porsi dan nilai kalori yang lebih kecil. Selain itu, kuliner yang dimasak sendiri dapat diolah sesuai selera sehingga akan memberikan hasil sesuai ekspektasi penghuni rumah.

Minyak Sehat

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun pixabay

Julie menyarankan beberapa jenis minyak sehat seperti ekstra virgin olive oil, minyak zaitun ataupun minyak wijen. Sudah menjadi rahasia umum jika tidak semua restoran memasak dnegan minyak yang sehat. Berbeda halnya jika Anda memasak di rumah dimana kualitas minyak yang digunakan bisa dijaga sedemikian rupa. Selain jenis minyak yang dipilih, frekuensi penggunaan juga bisa dijaga, dimana minyak hanya digunakan dalam satu atau dua kali pemasakan saja.

Cuka

Cuka

Cuka pixabay

Julie juga merekomendasikan cuka. Perlu diketahui bahwa cuka dapat membantu mengontrol gula darah aan insulin. Selain itu cuka juga berguna sebagai penambah rasa segar pada sajikan makanan seperti salad hingga saus atau aneka bumbu masakan, seperti kuliner Asia. Selain itu Anda juga dapat memasukkan yomat kaleng dalam persediaan bahan makanan Anda.

Tomat

Tomat

Tomat pixabay

Tomat olahan dinilai lebih baik karena telah dapat merilis lebih banyak lycopene, jenis karotenoid yang memberi efek antikanker dan jantung yang sehat. Karena itulah mengonsumsi tomat yang telah diolah dinilai jauh lebih baik dibanding memakannya secara mentah seperti dijus atau dibuat smoothie. Jika Anda mengganti fungsi tomat dnegan saus kemasan, jangan lupa untuk memilih saus yang memiliki kadar sodium paling rendah.

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian Utuh pixabay

Untuk sumber karbohidrat Anda dapat menyetok aneka biji-bijian utuh seperti beras merah, oats, quinoa ataupun pasta yang terbuat dari gandum utuh. Diet kaya biji-bijian dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan yang terpenting dapat membantu mengontrol kadar gula dan berat badan Anda. Selain itu pastikan rumah Anda memiliki stok  rempah-rempah dan herba kering. Kedua jenis bahan ini menawarkan lebih banyak antioksidan untuk Anda.

Bahkan sebuah studi yang melibatkan lebih dari 3000 jenis makanan menemukan bahwa aneka rempah seperti cengkeh, allspice, oregano, jahe, kayu manis, kunyit, kemangi dan rosemary menawarkan kekuatan antioksidan paling tinggi dalam makanan. Bahkan satu sendok teh bubuk kayu manis setara dengan antioksidan yang ada dalam secangkir jus delima atau setengah cangkir blueberry. Nah!

Baca juga:

Tips Diet Menjelang Pernikahan

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Diet Unik yang Terbukti Manjur

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment