Cita Rasa yang Dimiliki Kopi Dari Indonesia

photo from www.joyridecoffeedistributors.com

photo from www.joyridecoffeedistributors.com

Bagi penikmat kopi tentunya akan tahu perbedaan atas cita rasa kopi. Tanaman kopi memang hanya satu jenis. Tapi bila dicicipi, maka kopi di Indonesia memiliki rasa yang berbeda pada setiap wilayahnya. Nah apa sih penyebab cita rasa kopi Indonesia berbeda? Yang menjadikan kopi di Indonesia itu berbeda-beda karena, perbedaan suhu, cuaca dan iklim yang berbeda tiap-tiap wilayahnya. Sudah dijelaskan bahwa faktor iklim sangat mempengaruhi pertumbuhan kopi. Dua musim dan iklim tropis di Indonesia menyebabkan tanaman kopi mudah tumbuh. Sementara negara lain, Jepang, Australia, Malaysia, dan negara-negara yang iklimnya tidak tropis dan cuaca mudah berubah, cenderung sebaliknya.

Kondisi tanah juga mempengaruhi perkembangan kopi yang kini hadir dengan citarasa berbeda pada setiap daerah. Contohnya kopi Toraja cenderung memiliki rasa asam dan ringan, sedangkan Gayo berwarna cokelat tidak asam, kental, dan berat. Tak hanya itu, faktor terakhir yang menyebabkan kopi Indonesia memiliki kakayaan rasa. Hal itu terletak pada cara pengolahan, yang memang dekat dengan faktor budaya. Walau jaman sudah modern, masih banyak daerah-daerah asal penghasil kopi yang menggunakan mesin giling tradisional, atau cara tradisional sebagaimana menjadi ciri khas tempat mereka. Karena proses pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional, cita rasa yang melekat pun menjadi beda-beda pada masing-masing daerah.

Banyaknya daerah yang memanen kopi yang mengakibatkan perbedaan cita rasa ini juga karena pengaruh perbedaan geografis selain iklim dan cuaca juga dipengaruhi kondisi tanah, lalu cara pemupukan, pengairan juga cara memanen. Kopi di Indonesia memang beda dengan kopi-kopi yang ada di dunia, dan tentunya lebih unik. Bagi penikmat kopi, ini adalah suatu kelebihan yang dapat dirasakan dan dinikmati setiap harinya, dengan harga yang tidak terlalu menekan, namun sudah bisa dicicip setiap sorenya untuk sekedar bersantai sambil menikmati cemilan buatan sendiri.

photo from www.umee-brand.com

photo from www.umee-brand.com

Bagi Anda yang belum memulai untuk mencicipi kopi Indonesia yang mempunyai bermacam-macam aroma, rasa dan tekstur, sebaiknya cepat-cepat mencoba dan temukan kenikmatan dari kopi-kopi ini. Selamat mencoba.

Baca artikel lainnya:

Pewarna Hijau yang Alami dan Aman Untuk Dikonsumsi

Pengganjal Perut Jika Sudah Mulai Kelaparan

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment