Cek Kesehatan Tumit Anda Sekarang!

Tumit

Tumit healthyfoodhouse

Tampil maksimal merupakan dambaan semua orang. Namun demikian jerawat, strecth marks, selulit hingga tumit kering ataupun pecah-pecah dapat menjadi salah satu faktor penghalangnya. Meski terkesan sepele dan hampir tidak terlihat, namun ada baiknya Anda tidak meremehkan kesehatan tumit. Tanya kenapa? Karena dalam kondisi serius, tumit pecah-pecah dapat menyebabkan perdarahan, infeksi hingga rasa sakit ketika sedang berjalan.

Perlu diketahui, ada banyak hal yang dapat mengakibatkan terjadinya kondisi tumit kering dan pecah-pecah. Beberapa diantaranya adalah kulit tumit yang terpapar oleh udara yang panas ataupun dingin. Baik kondisi panas ataupun dingin dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tumit. Awalnya mungkin hanya terasa kering, namun lama kelamaan kondisi ini dapat berubah menjadi kondisi pecah-pecah yang kurang mengenakkan.

Pemakaian jenis sepatu yang tidak terlalu pas di kaki dan  perawatan kaki yang kurang maksimal juga dapat mengganggu kesehatan tumit. Tak hanya itu, ternyata berdiri seharian juga dapat menyebabkan tumit pecah-pecah lho! Karena itulah, jika profesi Anda mengharuskan untuk melakukan banyak kegiatan berdiri, jangan lupa untuk mengistirahatkan kaki. Gunakan pula bahan dan ukuran alas kaki yang sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Ukuran yang tidak pas dapat meningkatkan resiko terjadinya gesekan antara tumit dengan alas kaki. Pastikan pula ada cukup ruang bagi jari kaki Anda saat memilih alas kaki. Bantalan pada alas kaki juga dapat menambah kenyamanan selama menjalani aktivitas harian Anda.

Tumit

Tumit makeupstudio

Cara mudah lainnya menghindarkan tumit dari kondisi yang kering dan pecah-pecah dapat dilakukan dengan mencuci kaki dengan air hangat dan sabun. Selain memiliki efek rileksasi dari air hangat, sabun akan memberikan efek bersih pada tumit Anda. Kala membersihkan kaki, jangan lupa untuk membersihkan kotoran di sela-sela kaki. Ini tidak lain karena jamur dan bakteri tumbuh subur di bagian kaki yang lembab, hangat dan gelap. Setelah membersihkan kaki, jangan lupa mengeringkannya dengan handuk. Apalagi jika Anda berencana untuk menggunakan alas kaki yang tertutup.

Jika Anda mengalami tumit kering, maka lotion dapat menjadi salah satu solusi mudah untuk menanggulanginya. Kini lotion khusus untuk mengobati tumit yang kering dan pecah-pecah sudah banyak terdapat di pasaran. Jika sudah mencoba namun tidak memberikan efek sesuai keinginan, ada baiknya jika Anda meminta rekomendasi dari pihak dokter kepercayaan Anda. Selain itu merendam kaki dengan campuran air hangat cuka putih dapat menjadi alternatif pilihan lainnya. Asam yang terdapat dalam cuka dapat membantu melembutkan kulit yang kering. Pemijatan dengan minyak zaitun yang diberi tambahan sedikit cuka putih, perasan lemon atau madu dapat menjadi pilihan lain yang mudah untuk dilakukan. Setelah dipijat tutupi kaki dengan kaus kaki katun selama semalam. Paginya, bilas kaki lalu lalu keringkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ternyata Kondisi Sepatu Juga Mempengaruhi Kesehatan Lho!

Mengenal Osteoarthritis, Rasa Nyeri Pada Sendi

Beragam Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment