Cara Tepat Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat Tetes Mata

Obat Tetes Mata buzzquotes

Obat tetes mata merupakan salah satu obat yang seringkali digunakan seseorang ketika mengalami gangguan mata ringan. Apalagi tidak diperlukan resep dokter untuk menggunakan obat tetes mata. Meski penggunaannya tergolong sederhana, sudah benarkah pemakaian obat mata Anda? Cek di sini yuk!

Hal pertama yang perlu dilakukan saat menggunakan obat tetes mata adalah meneteskannya setetes demi setetes. Perlu diketahui bahwa kapasitas mata hanya dapat menampung satu tetes saja dalam sekali waktu. Jika Anda menemukan anjuran pemakaian 4 tetes setiap 6 jam, bukan berarti Anda meneteskan empat tetes sekaligus lalu diberi jeda selama 6 jam. Berilah jeda waktu yang sama antara tetesan pertama dan selanjutnya.

Selanjutnya, jika Anda menggunakan obat tetes mata yang berbesa secara bersamaan, beri keduanya jeda minimal 30 menit. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya interaksi antara kedua jenis obat yang digunakan. Selain itu pemberian jeda dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya mata panas dan berair. Selain itu pencampuran obat tetes mata juga dapat mengurangi efektivitas obat itu sendiri. Jika menggunakan dua obat tetes mata yang berbeda, konsultasikan dengan dokter mata yang dipercaya.

Oiya, jangan terlalu percaya diri dengan mendiagnosa gangguan yang terjadi di mata Anda ya! Hal ini semata-mata untuk mennghindari salah diagnosa atau hal lainnya. Jika keluhan mata Anda tidak membaik dalam 24 hingga 48 jam, sebaiknya segera saja untuk berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan dengan benar kemasan obat sebelum digunakan. Jangan sampai tertukar dengan obat yang kemasannya mirip dengan obat mata Anda.

Lalu bagaimana cara benar meneteskan obat mata? Jika Anda menggunakan lensa kontak, maka lepaskanlah lensa kontak sebelum obat mata diteteskan. Setelah diteteskan, jangan berkedip dengan cepat. Hindari pula untuk memutar-mutar bola mata. Jika tidak dapat menahan kedipan, tutup saja mata Anda selama satu atau dua menit. Jika obat yang digunakan mengalir keluar dari mata, pastikan Anda mengusapnya dengan tangan yang bersih.

Mata Sehat

Mata Sehat kurwaeye

Seperti halnya penggunaaan jenis obat lainnya, pemakaian obat tetes tetes mata juga harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Usahakan jangan sampai kurang ataupun berlebih. Perhatikan pula tanggal kadaluarsanya ya! Oiya, jangan lupa untuk menanyakan apakah obat tetes mata Anda ini boleh digunakan di lain waktu atau tidak. Jika diperbolehkan, simpanlah di tempat yang kering dan aman.

Baca juga:

Makanan yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Agar Bulu Mata Palsu Terlihat Natural

6 Cara Mudah Mengurangi Resiko Munculnya Kantung Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment