Cara Seru Mengembangkan Kecerdasan Majemuk

dari family.fimela.com

dari family.fimela.com

Pada era dewasa ini, globalisasi tengah memapar hampir disetiap lini kehidupan Anda. Proses ini banyak sekali membawa dampak bagi keberlangsungan aktivitas Anda bersama keluarga, salah satunya ialah memperkaya ruang kreativitas dan menciptakan ruang belajar lebih luas bagi anak-anak. Sudah bukan rahasia lagi bila generasi mendatang akan menjumpai tantangan global yang sangat besar. Apabila dia tidak mampu bertahan dan berinovasi, tentunya tak hanya dia yang mengalami kesulitan, dilihat dampaknya lebih jauh, kehidupan bangsa ini pun bisa hancur lebur tanpa generasi yang bisa mempertahankannya. Dengan demikian, generasi muda dan anak-anak saat ini adalah harapan bagi masa depan bangsa. Bersamaan dengan itu, tentu diperlukan kecerdasan agar mampu bersaing dengan masyarakat global.

Mulai saat ini, agar si kecil memiliki bekal kompetisi di masa depan, orang tua patut memberikan stimulasi sejak dini guna mendukung perkembangan kecerdasan anak. Kecerdasan anak terdiri atas sembilan aspek atau dikenal dengan nama kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Dengan kecerdasan majemuk yang berkembang optimal, diharapkan anak akan mampu mengatasi setiap persoalan yang dihadapi dalam kehidupan. Sembilan aspek kecerdasan itu terdiri atas kecerdasan gerak tubuh (kinestetik), gambar dan ruang (visual dan spasial), bahasa (linguistik), logika dan angka (logika dan matematika), musik (musikal), intrapribadi (intrapersonal), intrapribadi (interpersonal), memahami alam (naturalis) dan moral.

dari nyata.co.id

dari nyata.co.id

Kecerdasan gerak tubuh mencakup kemampuan mengendalikan gerakan tubuh dan keterampilan menggunakan peralatan. Kecerdasan gambar dan ruang mencakup kemampuan membayangkan serta menciptakan kembali gambar, termasuk berkreasi. Kecerdasan bahasa merupakan kecerdasan dalam mengolah kata. Sementara itu, kecerdasan logika dan angka mencakup kemampuan berhitung dan konsep matematika. Adapun kecerdasan dalam musik berupa kemampuan dalam menyerap serta menciptakan irama dan melodi.

Kecerdasan intrapribadi merupakan kemampuan mengakses perasaannya sendiri, dapat membedakan berbagai macam emosi, dan menggunakan pemahaman untuk memperkaya diri dan membimbing hidup. Sebaliknya, kecerdasan intrapribadi, yakni kemampuan memahami dan bekerja sama dengan orang lain.

Kecerdasan memahami alam berwujud kemampuan untuk mengamati, mengidentifikasi, dan mengklasifikasi bentuk-bentuk di alam. Terakhir, kecerdasan moral, yaitu kemampuan memahami dan menerapkan peraturan yang berlaku di sekitarnya.

dari kembalikecil.blogspot.com

dari kembalikecil.blogspot.com

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk, yakni nature dan nurture. Faktor nature merupakan faktor yang sifatnya diberikan Tuhan, misalnya bentuk tubuh, kapasitas, dan intelektual. Sementara faktor nurture merupakan faktor yang sifatnya dipengaruhi lingkungan seperti stimulasi. Keluarga atau orang tua merupakan faktor nurture  paling penting dalam perkembangan anak.

Untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak, idealnya stimulasi dilakukan melalui aktivitas sehari-hari di dalam keluarga. Tidak hanya itu, stimulasi hendaknya juga dilakukan secara konsisten agar anak Anda mampu mempelajari dan menyesuaikan setiap tahapannya. Sebagai contoh, saat Anda sedang menyapu, ajak anak Anda untuk membantu Anda menyapu, mintalah dia untuk menyapu sebagian kecil rumah. Tujuan dilakukan hal ini adalah agar anak terbiasa dengan ruang dan bidang (visual spasial), misalnya ketika dia menggeser kursi ketika harus menjangkau kolong, dan lain-lain.

dari manfaat.in

dari manfaat.in

Selain melibatkan anak pada kebiasaan hidup sehari-hari, Anda bisa mengajaknya pada kebiasaan membaca. Membaca dipercaya sebagai salah satu media stimulasi yang efektif untuk memancing kecerdasan intelektual. Membaca buku bersama anak bisa membantu mempererat hubungan orang tua dan anak. Hal ini sekaligus menstimulasi kecerdasan majemuk si anak lewat aktivitas, seperti bernyanyi atau mengekspresikan isi buku bacaan. Saat itu terjadi, sadar atau tidak Anda sedang menguji kecerdasan anak Anda dalam hal musikal dan mengenai bahasa sekaligus.

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin anak Anda tumbuh dan berkembang secara normal. Anak Anda memiliki kemampuan kecerdasan yang tidak dibawah rata-rata, minimal mampu mengikuti setiap pelajaran di sekolah dan tidak nakal. Hal itu bisa Anda upayakan sejak dini dengan melibatkan anak Anda dalam aktivitas sehari-hari. Dalam penjagaan, anak Anda pasti bisa berkembang dengan baik dan dapat memenuhi kesembilan aspek kecerdasan anak seperti yang sudah dipaparkan di atas. Selamat bersenang-senang bersama anak!

Artikel terkait

Manfaat kesehatan dari wortel

Terapi musik untuk menjaga kestabilan jantung

Ditemukan! Obat anti penuaan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: Kompas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment