Cara Praktis Mengobati Insomnia Tanpa Obat

| Posted : 30 Jun 2015 | Tips Sehat No comments

Anda hanya bisa berbaring sepanjang malam sambil terjaga dan itu terjadi selama beberapa hari? Hal ini membuktikan bahwa Anda kemungkinan menderita Insomnia.

Insomnia can damage

Insomnia can damage your health

Insomnia yang pada umumnya merupakan gangguan tidur dimana seseorang kesulitan tertidur atau bahkan bangun terlalu cepat. Insomnia menjadi pertanda betapa buruknya kualitas tidur Anda.

Kebanyakan kasus penderita insomnia diawali dari stres. Permasalahan hidup sehari-hari yang menumpuk sulit untuk Anda cari penyelesaiannya sehingga menyebabkan alam bawah sadar Anda tidak tenang. Alam bawah sadar yang tidak tenang bisa menyebabkan pikiran terus bekerja sehingga memaksa Anda untuk kembali memikirkan masalah-masalah yang ada.

Insomnia

Insomnia disehat

Selain karena stress, insomnia juga bisa dipicu dari seringnya begadang. Anda tidak tidur sampai pagi untuk menyelesaikan pekerjaan menyebabkan saraf-saraf menjadi tegang kemudian di hari berikutnya, saraf-saraf tersebut masih belum rileks kembali. Di sini letak masalahnya, saraf yang terlalu konstan menyebabkannya sulit kembali tenang, efek kelanjutannya mengakibatkan ketidakseimbangan di tubuh Anda.

Selain kedua masalah tersebut di atas, ada zat-zat tertentu yang menjadi pemicu secara lebih aktif. Zat-zat tersebut banyak terkandung di dalam obat, kopi, dan alkohol. Anda harus berhasil memperbaiki faktor psikologis dan asupan gizi Anda supaya bisa tidur normal dan nyenyak.

sad

sad

Langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari insomnia adalah tidak terlalu banyak berpikir atau dengan cara dapat memaafkan keadaan, menerimanya dengan lapang dada, menghadapi masalah dengan cara yang lebih tenang. Ada cara jitu untuk membantu Anda kembali rileks yakni mendengarkan musik yang berirama tenang dan berolahraga, yoga adalah pilihan baik untuk mengembalikan kestabilan rohani.

Selain hal-hal diatas, langkah baik yang pantas untuk Anda ambil adalah mulai mengatur asupan makan Anda dengan baik. Pilih makanan-makanan yang mengandung banyak vitamin, antioksidan, kalsium, nutrisi, protein, dan serat. Makanan yang sehat akan membantu regenerasi sel-sel saraf, otot, dan melancarkan peredaran darah menjadi lebih sehat.

Baca informasi sehat lainnya seperti:

Tanda-tanda Anda mengalami bipolar

Makanan yang dapat meningkatkan libido

Mudah lelah? Mungkin ini penyebabnya!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment