Cara Mudah Mengurangi Nafsu Makan

Roti Gandum

Roti Gandum pixabay

Musim hujan seperti saat ini biasanya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Apalagi di Indonesia jarang yang memiliki perapian ataupun penghangat ruangan. Umumnya orang Indonesia menghangatkan badan dengan minuman panas yang biasa disajikan dengan pemanis seperti wedang jahe ataupun teh. Kalau sudah begini, camilan seperti keripik, roti hingga cookies tak jarang menemani. Untuk menghindari nafsu makan berlebih Anda dapat mencoba beberapa hal berikut ini!

Hal pertama yang dapat dicoba adalah memasukkan oatmeal ke dalam menu sarapan Anda. Penelitian dari Universitas Lund di Swedia menemukan bahwa lemak sehat dalam gandum dapat memicu hormon kenyang pada tubuh serta dapat membantu mencegah nafsu makan hingga 7 jam lamanya. Penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam Annals of Nutrition & Metabolism juga menemukan bahwa orang yang sarapan dengan oatmeal akan mengkonsumsi 31% kalori yang lebih rendah saat makan siang. Dalam hal ini pembanding yang digunakan adalah orang yang sarapan dengan corn flakes.

Selanjutnya Anda dapat mengalihkan perhatian dengan bermain game. Meski terdengar sepele, namun menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite menyebutkan bahwa orang yang bermain game memiliki hasrat dan keinginan makan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan kegiatan apapun. Selain mengurangi hasrat makan, game juga akan membantu  mengarahkan pikiran Anda dari makanan.

Ada lagi cara unik yang bisa Anda lakukan dengan cara yang begitu mudah. Meski terdengar aneh, namun peneliti di New York Obesity Nutrition Research Center menemukan bahwa rasa lapar dapat dihambat dengan menekan dahi dengan jemari selama 30 detik. Tekanan pada dahi tersebut akan menggerakkan bagian otak yang menyebabkan munculnya rasa lapar. Dengan cara ini proses ingin makan dapat dihambat.

Toko Roti

Toko Roti pixabay

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menghindari tempat yang dapat merangsang nafsu makan Anda. Kantin, toko roti hingga restoran dapat mengeluarkan aroma yang meningkatkan nafsu makan seseorang. Meski terdengar sepele, namun hal ini merupakan temuan dari para peneliti di McGill University. Peneliti menemukan teknik berbasis kesadaran yang paling efektif dalam mengendalikan nafsu makan tidak lain dengan menghindari daerah yang memicu nafsu makan bertambah.  Tertarik mencobanya?

Baca juga:

Cara Benar Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Tips Hemat Membeli Makanan Organik

Menengok Kelebihan Nutrisi Makanan Organik

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment