Cara Mudah Menghindari Keracunan Makanan

Makanan

Makanan pixabay

Berita tentang keracunan makanan bukan menjadi hal baru lagi. Penyebab kondisi ini pun terbilang banyak, mulai dari kebersihan makanan hingga cara dan peralatan untuk mengolah makanan ataupun peralatan makan. Berikut beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko keracunan makanan!

Hindari Meninggalkan Makanan pada Suhu Kamar Selama Berjam-jam

Makanan

Makanan pixabay

Meski terlihat sepele namun kondisi ini dapat menjadi sumber utama keracunan makanan. Hal ini berkaitan erat pada perkembangan spora dan racun yang dikeluarkan bakteri. Kedua organisme tersebut dapat berkembang poada suhu ruangan. Gabrielle Judd, seorang ahli diet terdaftar dengan University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa zona berbahaya untuk perkembangan spora berada pada suhu 5 hingga 60°C.

Salah satu bakteri penghasil spora yang menyebabkan keracunan makanan adalah Clostridium perfringens. Selain itu ada pula kelompok Bacillus yang kerap ditemukan pada suhu kamar. Bacillus kerap ditemukan pada suhu beras, sup, saus dan sisa makanan.

Berhati-hati Pada Unggas Mentah

Daging Ayam

Daging Ayam theculinarycook.com

Perlu diketahui bahwasanya ayam mentah mengandung bakteri campylobacter. Bahkan 500.000 kasus keracunan makanan di Inggris terjadi karena racun pada hewan ternak. Seorang bakteriolog dari University of Glasgow, Andrew Roe pun menambahkan bahwa empat dari lima kasus keracunan makanan terjadi akibat unggas yang terkontaminasi. Hal ini dapat diminimalisir dengan teknik pemasakan yang baik. Selain itu perhatikan selalu kebersihan tangan dan peralatan memasak Anda. Jika memasak atau memesan olahan unggas ataupun daging, pastikan tingkat kematangan makanan yang sempurna. Satu lagi, sebisa mungkin hindarilah mengkonsumsi daging unggas mentah.

Jangan Lupa Mencuci Buah Sebelum Makan

Mencuci Buah

Mencuci Buah modernfarmer.com

Keracunan tidak semata-mata disebabkan karena olahan unggas atau daging saja. Hal sepele seperti tidak mencuci buah yang akan dimakan pun berportensi menimbulkan keracunan. Saat memakan apel, umumnya orang akan reflek mencuci buah terlebih dahulu. Namun perlakuan serua tidak dilakukan untuk buah lain seperti semangka, melon ataupun timun. Padahal hasil studi CDC menemukan bahwa 46% keracunan makanan di Amerika disebabkan karena buah, sayur dan kacang-kacangan. Menariknya, 22% dari persentase di atas disebabkan karena kontaminasi bakteri seperti E.coli yang terdapat pada jaringan daun. Jadi jangan lupa mencuci buah dan sayur yang akan Anda dimasak, apalaggi yang akan dimakan mentah.

Panaskan Sisa Makanan dengan Benar

Ilustrasi Memanaskan Makanan

Ilustrasi Memanaskan Makanan www.healthyfoodhouse.com

Memang saat dimasak, bakteri akan tewas. Sayangnya jika ditinggalkan pada suhu kamar maka spora akan tetap hidup bahkan dapat berkembang. Karena itu ada baiknya Anda memanaskan kembali makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, disarankan untuk tidak menyimpan sisa makanan lebih dari 3 atau 4 hari. Bagaimana dengan kebiasaan Anda?

Baca juga:

Aneka Makanan yang Berpotensi Menyebabkan Kanker

Cara Benar Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Chia Seed, Alternatif Baru untuk Penurunan Berat Badan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: edition.cnn.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment