Cara Mudah Mengatasi Morning Sickness

| Posted : 12 Dec 2015 | Tips Sehat No comments
Bersantai

Bersantai pixabay

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang terjadi di masa awal kehamilan. Meski kerap diidentikkan dengan hal yang kurang baik, namun merasa mual di awal kehamilan ternyata ada sisi positifnya juga. Hal ini dapat menandakan adanya hormon kehamilan yang cukup tinggi sehingga akan mendukung kehamilan calon ibu. Lebih lanjut lagi, ternyata wanita yang mengalami mual di awal kehamilan lebih tidak beresiko mengalami keguguran.

Menariknya ada fakta unik mengenai hal ini. Bahwa sekitar 70% wanita hamil merasa mual di awal asia kandungannya.Tidak hanya itu, sekitar 50% wanita hamil juga mengalami muntah. Meski demikian, kasus morning sickness yang parah dapat kondisi yang lemah pada wanita hamil sehingga harus dirawat di rumah sakit. Jika ada kerabat yang mengalami hal ini, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala morning sickness. Salah satunya adalah mencium sesuatu yang beraroma segar.

Tidak seperti wanita pada umumnya, saat hamil hormon esterogen akan mengalami peningkatan. Karena hormon ini berkaitan dengan indera penciuman, maka indera penciuman wanita hamil dapat lebih sensitif dari biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan rasa mual yang berlebih karena beberapa hal sepele, bahkan bau parfum sekalipun. Karena itulah mencium aroma segar seperti aroma peppermint atau aroma favorit lainnya dapat menjadi salah satu solusi mengatasi rasa mual pada kondisi morning sickness.

Mint

Mint pixabay

Selain itu jahe juga dikenal dapat mengatasi rasa mual ataupun muntah. Selain dihirup aromanya, jahe juga dapat ditambahkan sebagai campuran dalam minuman seperti teh. Kini permen jahe juga banyak tersedia di pasaran. Selanjutnya, pastikan ibu hamil tidak mengalami kondisi dehidrasi. Bagaimanapun juga rasa mual dapat memicu muntah sehingga dapat mengurangi cairan dalam tubuh. Untuk menghindari kondisi ini, disarankan untuk mengkonsumsi banyak air putih secara berkala.

Karena muntah juga merupakan salah satu gejala morning sicknes, jangan biarkan perut berada dalam kondisi kosong. Anda dapat mengatasinya dengan mencoba makan dalam porsi kecil namun sering. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Jika mengkonsumsi daging, pastikan daging tersebut sudah diolah hingga matang sehingga tidak akan ada parasit atau bakteri dari daging yang dapat mengganggu kesehatan janin.

Jalan-jalan

Jalan-jalan pixabay

Untuk mengurangi rasa mual, Anda bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan berbagai aktivitas seperti membaca buku, bermain games, berjalan-jalan, tidur atau mencoba berbaring dan menutup mata lalu mengambil nafas dalam-dalam hingga berolahraga. Tentu olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dengan masa kehamilan yang sedng berlangsung. Untuk jenis olahraga yang dapat dipilih, konsultasikan dengan dokter kandungan yang kredibel.

Baca juga:

Tips Menjaga Keamanan Asupan Makanan pada Ibu Hamil

Konstipasi Pada Ibu Hamil

Memenuhi Kebutuhan Kalsium Saat Mengalami Kehamilan dan Laktosa Intoleran

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: meetdoctor.com dan www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment