Cara Mudah Mencegah Wasir

Ilustrasi Olahraga

Ilustrasi Olahraga drdayan.com

Wasir merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, baik saat duduk atau ketika sedang beraktivitas di toilet.   Parahnya lagi wasir dapat menimbulkan rasa sakit di area sekitar pantat. Wasir merupakan kelompok kecil dari pembuluh darah vena yang berada di bawah selaput lendir yang melapisi rektum dan anus.

Kondisi wasir atau yang dikenal luas dengan nama hemorroid ini hanya dapat terjadi apabila pembuluh vena mengalami pembengkakan akibat adanya tekanan yang berlebihan. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati, maka mencegah terjadinya wasir pun jauh lebih baik daripada mengobati penyakit yang satu ini. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan Anda dari wasir.

Pencegahan pertama tidak lain adalah dengan melakukan olahraga. Selain dapat menghindarkan beragam penyakit seperti diabetes dan jantung, olahraga juga dapat menjaga otot untuk tetap lentur. Untuk mengatai hal ini Harvard Health menyebutkan bahwa latihan erobik selama 20 hingga 30 menit sehari  seperti jalan cepat dapat merangsang perut sehingga dapat buang air besar secara teratur.

Oiya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan setelah buang air besar. Meski terdengar sepele, namun penelitian yang dilakukan pada 138 orang menemukan fakta menarik yang cukup menarik. Membersihkan diri setelah buang air besar memiliki efek yang signifikan pada kehadiran wasir itu sendiri. Hasil studi ini menyarankan Anda untuk mandi sebelum tidur setidaknya sekali dalam seminggu. Selain itu pastikan Anda memberi perhatian khusus pada kebersihan organ genital Anda.

Ilustrasi Buah dan Sayur

Ilustrasi Buah dan Sayur pixabay

Anda juga perlu makan lebih banyak serat. Selain menyehatkan, serat juga dapat memudahkan Anda agar dapat buang air besar secara teratur sehingga dapat mencegah Anda dari resiko terkena wasir. Setidaknya Anda membutuhkan 25 hingga 30 gram serat setiap harinya. Selain mengkonsumsi serat, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan lebih banyak minum air. Selain memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, konsumsi air dapat membantu tekstur tinja sehingga dapat meminimalisir resiko sembelit.

Baca juga:

Penyebab Munculnya Keinginan BAB Setelah Minum Kopi

Konstipasi Pada Ibu Hamil

Berbagai Alasan Mengapa Terdapat Darah Pada Tinja

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.prevention.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment