Cara Mudah Memperbaiki Pola Makan Harian

Roti Gandum

Roti Gandum pixabay

Sampai kapanpun, kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang tidak dapat digantikan dnegan apapun juga. Seperti yang diketahui bersama, pola makan seseorang kini merupakan salah satu penentu kualitas kesehatan seseorang. Salah satu cara mudah menjaga kesehatan adalah mulai menjaga pola makan harian Anda. Bingung memulainya? Simak tips menarik berikut ini!

Cara mudah pertama adalah dengan tidak melewatkan waktu sarapan dengan menu yang sehat. Anda dapat mengganti menu daging olahan dengan dua telur rebus atau mengganti sereal manis dengan roti gandum dengan selai kacang tanpa gula sebagai alternatif penggantinya. Seperti yang diketaui bersama, sarapan memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Selain itu sarapan tentu dapat menjadi sumber energi untuk melakukan beragam aktivitas harian Anda.

Selanjutnya, mulailah menaruh perhatian lebih pada label nutrisi yang tertera dalam berbagai makanan favorit Anda. Termasuk di dalamnya kandungan gula, yang ada di dalam makanan. Ini tidak lain untuk membatasi konsumsi gula harian Anda. Bahkan pada bahan makanan seperti saos tomat ataupun yoghurt kerap menggunakan gula halus sebagai salah satu komposisinya. Menurut WHO, konsumsi maksimal gula harian adalah 10% dari rata-rata jumlah kalori harian (2000 kalori) yang setara dengan 20 gram saja

Selain itu poerhatikan pula konsumsi garam harian Anda. Konsumsi apapun itu tidaklah baik jika dilakukan secara berlebihan. Terkait hal ini, WHO mengeluarkan batas maksimal konsumsi natrium harian seseorang berada pada angka 2 gram saja per harinya. Jika Anda menyukai gorengan atau snack cepat saji yang bercitarasa gurih, ada baiknya jika Anda berusaha untuk mengkalkulasi jumlah konsumsi garam harian mulai dari sekarang.

Steak

Steak pixabay

Selain itu Anda juga wajib mengontrol isi kulkas Anda dengan bahan makanan yang sehat seperti buah, sayur, bahan makanan tinggi protein seperti ikan, telur ataupun daging hingga cokelat yang berkualitas. Berbagai bahan ini sangat cocok diolah menjadi beragam menu sehat baik untuk sarapan, bekal makan siang atau persiapan makan malam yang menarik. Dengan menyediakan bahan makanan sehat maka kesempatan Anda untuk memasak sendiri makanan yang dikonsumsi pun akan jauh lebih besar. Oiya, kalau sedang memasak, jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan peralatan masak dan ruangan dapur Anda ya!

Baca juga:

Menyiapkan Sarapan yang Sehat

3 Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula Saat Sarapan

Apa Sih Manfaat Makanan Fermentasi?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.eatclean.com, news.health.com, weightloss.about.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment