Cara Mudah Agar Sereal Favorit Anda Tidak Bikin Gemuk

Sereal

Sereal pixabay

Sereal merupakan slaah satu jenis makanan yang banyak digemari sebagai menu sarapan. Selain lezat, menyiapkan sereal hanya membutuhkan waktu sekian detik saja. Tinggal tuang sereal lengkap dnegan topping dan juga susu. Voile, semangkuk sereal pun akan segera terhidang di meja makan.

Sayangnya tidak semua sereal disajikan berimbang. Jika Anda hobi menikmati sereal untuk sarapan, beberapa cara mudah berikut ini dapat mengurangi jumlah kalori dalam setiap sarapan Anda!

Perhatikan Porsi Makan Anda!

Sereal paling enak memang disajikan bersama susu. Sayangnya beberapa orang cenderung memberi tambahan susu saat tenggorokan terasa kering usai mengunyah sereal, bukannya minum. Meski terlihat sepele, namun hal ini dapat membuat porsi makan sereal Anda berlebihan. Pasalnya dengan menambahkan susu pada sereal, nantinya ada kemungkinan bahwa susu yang dituang tersebut akan sisa. Akibatnya, Anda dapat menuang tambahan sereal. Jika hal ini terjadi secara berulang, bisa jadi jumlah kalori dalam setiap kali sarapan menjadi tiak terkendali.

Berikan Topping yang Sehat pada Sereal Favorit Anda!

Sereal

Sereal pixabay

Salah satu timbunan kalori yang terdapat pada sereal bisa datang dari jenis topping yang Anda tambahkan. Untuk membatasi agar sereal sarapan Anda mengandung 300 hingga 400 kalori saja, maka tambahkanlah topping yang sehat seperti biji chia.  Biji chia akan menyerap cairan saat direndam. Dengan sifat yang demikian tekstur biji akan membengkak dan membuat perut Anda tetap merasa kenyang.  Karena baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong, biji ini juga cocok dikonsumsi saat sarapan. Selain itu Anda juga dapat menambahkan topping sehat lainnya seperti kelapa parut, kacang-kacangan ataupun buah segar.

Pilihlah Jenis Susu yang Tepat!

Jenis susu juga merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi penggemar sereal. Susu berlemak umumnya mengandung 150 kalori dalam setiap penyajian. Untuk mengurangi jumlah kalori saat mengkonsumsi sereal, Anda dapat menggantinya dengan susu skim yang mengandung sekitar 90 kalori saja. meski jumlah kalori lebih rendah, susu skim tetap menawarkan jumlah kalsium dan protein yang sama dengan susu berlemak. Sedangkan susu kedelai tidak manis hanya mengandung sekitar 80 kalori saja. Meski demikian kandungan kalsium dan protein susu jenis ini hampir sama banyaknya dnegan susu skim.

Terakhir, Hindarilah Sereal yang Bercitarasa Manis!

Hal terakhir yang dapat mengurangi jumlah kalori dalam sereal Anda tidak lain adalah memilih sereal yang bercitarasa manis. Anda dapat memilih sereal yang mengandung biji-bijian ataupun serat gandum. Kedua bahan tersebut akan menjadikan sereal Anda kaya akan kandungan serat dan protein, namun rendah gula. Serat sehat saat sarapan, siapa takut?

Baca juga:

Selain Menambah Citarasa Makanan, Ternyata Rempah-Rempah Ini Juga Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Anda!

Setelah Berolahraga Sebaiknya Minum Air Panas Atau Air Dingin Ya?

Blepharitis, Penyakit Mata yang Sering Beraktivitas di Depan Layar

Sumber: www.popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment