Cara Menyimpan Makanan Dengan Benar Agar Tidak Basi

| Posted : 31 Oct 2014 | Gizi dan Makanan, Tips Sehat No comments
photo from health.detik.com

photo from health.detik.com

Terkadang mengolah makanan dibuat  dengan takaran berlebih. Namun daripada sayang bila harus dibuang, lebih baik makanan disimpan. Tapi  hal tersebut bisa berproses secara aktif jika Anda mengetahui cara yang benar dalam menyimpan makanan sehingga tidak mudah basi. Mengetahui cara menyimpan makanan yang baik memungkinkan bertahan lama selain menjauhkan Anda  dari pemborosan uang untuk masalah kuliner. Selain itu, manfaat lainnya adalah mencegah kuman agar tidak masuk karena dapat mengakibatkan makanan cepat basi. Berikut tips menyimpan makanan dengan baik:

  1. Gunakan wadah kedap udara untuk penyimpanan makanan yang lebih aman. Namun, jangan segera ditutup bila makanan tersebut masih dalam keadaan panas.
  2. Jangan menyimpan makanan di luar ruangan dalam waktu lama.
  3. Selalu menjaga area penyimpanan makanan. Usahakan tempat menyimpan makanan dalam keadaan bersih dan berada di udara kering sehingga kuman maupun bakteri tidak mudah berkembang biak.
  4. Pilih tempat penyimpanan makanan yang baik terutama pada variasi suhu yang berkembang.
  5. Untuk menyimpan makanan, sebaiknya pilih kualitas tempat penyimpanan yang baik, seperti bahan alumunium, plastik, atau kertas. Tempat lainnya juga bisa berbahan botol maupun gelas plastik untuk menyimpan makanan matang maupun mentah.
  6. Jika kemasan sudah dibuka, terutama mengandung bahan gula seperti buah-buahan kering dan kacang-kacangan, sebaiknya simpan di dalam wadah kedap udara untuk melindunginya dari kotoran.

    photo from situspuanas.blogspot.com

    photo from situspuanas.blogspot.com

Baca artikel lainnya:

Manfaat Memotong Kuku Secara Rutin

Manfaat Dibalik Garam Laut

Makanan yang Dapat Membuat Tambah Cerdas

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment