Cara Menyiapkan Makanan dengan Aman

Ilustrasi Safety Cooking

Ilustrasi Safety Cooking mummyscooking

Menyiapkan makanan dengan tangan sendiri merupakan pilihan banyak orang. Selain mampu mempertahankan mutu, kebersihan serta pengolahan bahan pangan, bagi sebagian orang memasak dapat menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Namun demikian jika tidak dilakukan dengan cara yang benar, masak dapat menjadi boomerang baik bagi makanan yang diolah maupun pada orang yang mengkonsumsinya. Apalagi sebuah studi menemukan bahwa wastafel dapur mengandung kuman 100.000 lebih banyak dibandingkan dengan kuman yang berada di kamar mandi. Hiiii, cukup ngeri bukan?

E. coli, campylobacter dan salmonella dapat memasuki dapur melalui berbagai perantara seperti tangan, bahan makanan mentah ataupun melalui hewan peliharaan Anda. Jika tidak ditangani dengan hati-hati, mereka dapat menyebar dengan cepat di berbagai penjuru dapur Anda. Karena hal inilah meski ditangani sendiri, makanan yang Anda masak dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti keracunan makanan, flu dan kondisi kurang menyenangkan lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, lakukan persiapan dan pengolahan makanan dengan benar. Pertama, jangan lupa untuk membersihkan tangan Anda. Tangan merupakan organ tubuh yang sangat aktif ketika mengolah makanan. Jika tangan kotor, maka kehigienisan makanan pun tentu akan berkurang. Jadi jika di tengah-tengah proses memasak Anda beraktivitas di toilet, menyentuh sampah, hewan peliharaan ataupun bahan mentah seperti daging, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda ya! Cara mencuci tangan yang baik adalah menggunakan air hangat dan sabun secara menyeluruh pada semua bagian tangan Anda, termasuk di sela-sela jari dan kuku.

Ilustrasi Dapur Bersih

Ilustrasi Dapur Bersih pichost

Jangan lupa pula untuk mengeringkan tangan sebelum kembali melakukan rutinitas memasak Anda. Ini tidak lain karena dalam keadaan basah, bakteri akan lebih mudah tersebar. Selain itu, jaga pula kebersihan berbagai peralatan memasak yang Anda gunakan. Pisau, telenan, mangkuk hingga sendok sayur wajib dijaga kebersihannya. Setelah digunakan untuk memotong ikan, unggas dan daging segar, bersihkan pula pisau dan telenan yang Anda gunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kontaminasi dari bakteri yang terkandung di dalam ketiga bahan tersebut.

Jauhkan pula makanan yang tidak dimasak seperti roti, buah dan salad dari daging-dagingan mentah. Jangan lupa untuk membersihkan wastafel dan semua barang yang bersentuhan saat mencuci ataupun memotong daging mentah. Ini tidak lain karena tetesan air bekas mencuci daging dapat membawa bakteri yang tidak diinginkan. Ada lagi sebuah informasi yang cukup mengejutkan tentang dapur. Rata-rata papan telenan memiliki  faecal bacteria 200% lebih banyak dibandingkan dengan toilet duduk. Selain itu spons basah, kain lap serta pakaian merupakan tempat yang sempurna untuk perkembangbiakan bakteri. Ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa spons di dapur memiliki jumlah kuman tertinggi di dalam rumah. Jadi sering-seringlah unyuk mencuci kain lap dapur, serbet dan juga spons ya! Be healhty!

Baca juga:

Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Arti Kode Segitiga dalam Tempat Makan atau Minum Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.nidirect.gov.uk dan www.nhs.uka

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment