Cara Menyeimbangkan Hormon Tubuh Secara Alami

Depresi Pada Wanita

Depresi Pada Wanita thepsychiatry

Untuk menjaga kesehatan tubuh membutuhkan hormon pada kadar yang pas dan seimbang. Umumnya kekurangan ataupun kelebihan suatu hormon tertentu biasanya tidak membawa manfaat yang baik untuk tubuh. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sekarang Anda dapat menyeimbangkan hormon tubuh secara alami, bahkan tanpa memerlukan tambahan suplemen sedikitpun. Penasaran? Berikut informasi selengkapnya!

Pertama adalah menghindari stres. Meski terlihat sepele namun kondisi stres dapat memicu ketidakseimbangan hormon. Karena itulah meminimalisir stres merupakan salah satu cara termudah untuk menjaga agar kesehatan tubuh. Selain dapat mengganggu keseimbangan hormon, stres juga dapat meningkatkan hormon adrenalin dan kortisol di dalam tubuh. Kehadiran kedua hormon ini secara terus-menerus akibat stres dapat memperlihatkan gejala tekanan darah tinggi, depresi dan pada akhirnya dapat memicu ketidakseimbangan hormon.

Lebih lanjut lagi hal ini dapat menimbulkan seseorang terlihat cemas, kulit yang kurang bercahaya hingga kelelahan dan tingkat energi yang lebih rendah. Jika sedang dilanda stres, Anda dapat menetralisirnya dengan mengkonsumsi susu kunyit. Anda dapat meminum ramuan susu kunyit sekitar satu jam sebelum tidur. Meski terlihat sederhana, minuman ini dikenal dapat memberi nutrisi baik untuk tubuh maupun ketenangan pikiran. Anda dapat membuat ramuan lezat ini dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan kapulaga dalam secangkir susu hangat.

Wortel

Wortel pixabay

Selain itu disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berwarna orange seperti wortel dan ubi jalar. Selain itu perhatikan pula proses penyajian makanan yang akan Anda konsumsi. Jika dibandingkan dengan makanan dingin, makanan yang disajikan hangat akan lebih mudah dicerna. Pencernaan yang tidak bermasalah akan mengurangi resiko gangguan pada perut sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya stres.

Jika Anda menyukai makanan mentah, konsumsilah saat mendekati siang hari. Menjelang tengah hari pencernaan berada dalam kondisi yang on fire sehingga akan memudahkan saat mencerna makanan mentah. Sebisa mungkin perhatikan usahakan untuk mengkonsumsi bahan makan organik, bahkan saat memilih kopi sekalipun. Meski terdengar sepele, namun kopi non organik yang mengandung bahan kimia ternyata dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Usahakan pula untuk menghindari konsumsi makanan berlabel genetic modified organism (GMO). Makanan GMO dapat mengandung bahan kimia yang dapat meniru fungsi estrogen pada tubuh sehingga dapat mengganggu fungsi alami hormon pada tubuh. Selain itu pilihlah perawatan kecantikan yang amali dan tidak memiliki efek racun bagi tubuh. Kini perawatan organik telah banyak tersedia di berbagai salon kecantikan. Perlu diketahui bahwa perawatan kulit yang mengandung bahan kimia dapat mengganggu sistem endokrin seseorang.

Ilustrasi Genetic Modified Organism

Ilustrasi Genetic Modified Organism www.dailytimesgazette.com

Baca juga:

Makan Siang Agar Tidak Mudah Gemuk

Mengapa Selalu Lapar Setelah Sarapan

Arti Warna Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.byrdie.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment