Cara Menjaga Produksi Kolagen Agar Senantiasa Awet Muda

Wanita Muda

Wanita Muda pixabay

Kolagen merupakan salah satu protein yang ada di tubuh. Kolagen ada di kulit, tulang otot dan juga urat. Selain berfungsi sebagai perekat ke seluruh tubuh, kolagen juga menyumbang kekuatan dan struktur tubuh. Kolagen dapat memberikan kelembapan dan membuat kulit menjadi elastis. Karena itulah produk kecantkan yang mengandung ataupun memicu produksi kolagen banyak diburu kaum hawa.

Sayangnya ada beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan produksi kolagen atau bahkan dapat merusak kolagen. Salah satunya adalah kandungan sinar ultraviolet (UV) yang terdapat dalam sinar matahari. UV tersebut dapat memecah dan memecah serat-serat kolagen. Hal ini juga berdampak pada elastin, protein yang membuat kulit elastin dan kencang. Pemecahan kolagen memicu pertumbuhan elastin. Ketika jumlah elastin meningkat maka dapat memicu produksi enzim pemecah kolagen. Akhirnya kolagen yang dipecah pun menjadi semakin banyak.

Selain itu ada beberapa kebiasaan yang dpaat merusak kolagen seperti merokok dan mengkonsumsi makanan tinggi gula. Ribuan bahan kimia yang terdapat di dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin. Sedangkan mengkonsumsi makanan yang sangat manis juga beresiko bagi kesehatan tubuh. Selain menjadikan kadar gula dalam darah tinggi, gula dalam darah akan menempel pada protein membentuk molekul baru bernama advanced glycation end products (AGEs). Sayangnya molekul ini dapat merusak protein yang berada di dekatnya, termasuk kolagen.

Lalu bagaimana untuk meningkatkan volume kolagen? Karena kolagen terbuat dari asam amino dan tubuh tidak bisa memproduksinya, maka untuk mendapatkan hal ini Anda harus memperolehnya dari asupan makanan. Asam amino dapat ditemukan pada daging, susu, telur dan makanan laut. Kebanyakan sayuran juga mengandung zat bermnafaat ini.

Wanita Muda

Wanita Muda pixabay

Selain melalui asam amino, produksi kolagen juga dapat dirangsang dengan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, antosianidin (buah cherry), prolin yang terdapat pada keju dan kedelai serta kandungan tembaga yang terdapat pada kacang-kacangan dan kerang.

Baca juga:

Aneka Makanan Sehat untuk Kulit Anda

Mengenal Cara Kerja Laser Acne Treatment

Produk Kecantikan yang Wajib Terlindung dari Paparan Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment