Cara Menjaga Kehamilan Bagi Penderita Lupus

Lupus adalah penyakit yang berhubungan dengan kinerja kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini terjadi apabila anomali pada sistem kekebalan tubuh. Maksudnya sel pertahanan tubuh seharusnya melaindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya namun sel kekebalan tubuh ini justru menyerang tubuh pemiliknya. Sehingga menggerogoti kekuatan tubuh dari dalam.

lupus

lupus coolibar

Belum lama ini, perempuan yang menderita lupus sering mengatakan kehamilan itu terlalu beresiko. Tetapi hasil penelitian terbaru menegaskan bahwa ketika penyakit ini berada di bawah kontrol, Anda memiliki peluang untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat.

Penelitian yang dilakukan pada 385 wanita hamil dengan lupus menemukan bahwa 81 persen melahirkan dengan baik. Berat badan bayi berada dalam ukuran normal dan si ibu pun dalam keadaan sehat.

Jalannya memang tidak selalu mudah, apalagi peneliti juga menemukan bahwa wanita yang memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan juga memiliki resiko lebih tinggi untuk komplikasi. Termasuk diantaranya mengalami keguguran dan kelahiran bayi prematur.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Online Annals of Internal Medicine memperkuat apa yang diduga oleh banyak dokter tentang perempuan hamil yang memiliki penyakit lupus. Dalam jurnal tersebut tertulis, bila Anda berniat untuk merawat kehamilan Anda, maka Anda harus merawatnya dengan baik. Apabila mendapatkan gejala tidak nyaman sekecil apapun sebaiknya segera bawa ke dokter. Dapat mengendalikan penyakit lupus Anda dapat membantu kehamilan tetapĀ  dalam kondisi sehat.

Hamil

Hamil telegraph.co.uk

Anda perlu melakukan proses konseling agar Anda dan dokter yang menangani Anda saat bersalin nanti siap dengan kondisi Anda. Informasi yang didapat selama konseling kesehatan ahli lupus selama kehamilan Anda dapat digunakan sebagai acuan oleh dokter dalam menangani Anda. Sebab dalam lupus, diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Serangan itu pun tidak main-main, sebab serangan ini dapat merusak kulit, sendi, jantung, paru-paru, sampai otak.

Di seluruh dunia, penyakit ini diketahui banyak menyerang perempuan. Penyakit ini bisa menyerang Anda mulai pada usia awal 20-an atau 30-an.

Perawatan termasuk obat penekan kekebalan dan obat lain digunakan untuk mengontrol gejala yang berkisar dari demam dan nyeri sendi, kelelahan ekstrim, depresi, dan masalah memori. Perhatian terhadap kehamilan menjadi sangat diperlukan, sebab jika tidak kondisi bayi akan beresiko mengalami masalah, seperti bayi mati, kelahiran prematur, atau berat badan bayi sangat ringan. Resiko bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor risiko terkuat ialah menggunakan obat tenakan darah dan antibodi yang disebut dengan antikoagulan lupus. Obat-obat ini dapat menyebabkan pembekuan darah.

Perempuan dengan penyakit lupus yang hamil sebaiknya memastikan penyakit mereka berada dalam kontrol yang baik. Dokter juga menyarankan agar obat lupus tertentu juga harus dihentikan sebelum kehamilan. Seorang perempuan lupus yang sudah hamil, pastikan untuk melibatkan dokter khusus untuk mengecek perkembangan kehamilan Anda. Pastikan dokter itu paham dengan kondisi lupus Anda. Yang penting untuk dilakukan setiap hari adalah perhatikan tekanan darah Anda dan selalu komunikasikan hal itu dengan dokter yang Anda percaya. Pastikan juga antikoagulan lupus Anda telah diukur dan bahas hasil pengukuran tersebut dengan dokter Anda dengan seksama.

Baca juga info seputar kehamilan lainnya seperti:

Tips menjaga keamanan asupan makanan pada ibu hamil

Bahan kimia berbahaya bagi ibu hamil

Risiko diabetes pada ibu hamil dan bayinya

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment