Cara Mengurangi Konsumsi Kopi

Kafein cenderung mudah dinikmati oleh siapa saja. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kandungan kafein dalam kopi, kata asisten Profesor di Gastroenterologi di Georgetown University Medical Center di Washington, DC, Robynne Chutkan. Anda bisa mendapatkan masalah kesehatan dari kafein apabila kadar asam dalam lambung Anda memang sudah tinggi sejak awal sehingga kafein menjadi pemicu tingkat keparahan yang semakin tidak baik untuk tubuh.

kadar kafein

kadar kafein necturajuice

Bila asam sudah tinggi, kafein akan memperparah kondisi sehingga menyebabkan Anda sulit tidur dan mudah merasa cemas. Apapun membuat Anda bisa merasa terganggu dan Anda akan mudah merasa sakit kepala.

Untuk berhenti dari efek kafein tersebut, secara bertahap yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah konsumsi kafein setiap hari. Apabila sehari bisa menghabiskan hingga 3-4 gelas kopi maka kurangi satu per satu hingga tidak sama sekali. Keris Gans, RD, Juru Bicara American Dietetic Association, mengatakan selama mengurangi intensitas mengonsumsi kopi kembangkan kebiasaan baru untuk mengatasi masalah-masalah seperti sulit tidur tadi.

Misalnya, Anda bisa mengganti kebiasaan minum kopi dengan minum cokelat atau minuman lain yang bebas kafein seperti teh herbal.

Terlalu banyak minum kopi bisa membuat sakit kepala yang kadang-kadang bisa berlangsung seharian. Hal ini membuktikan jumlah kafein yang terkonsumsi terlalu banyan di dalam tubuh. Untuk sementara waktu, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang sakit kepala untuk meringankan penderitaan Anda, selebihnya Anda harus lebih banyak minum air putih daripada kembali mengonsumsi kopi.

Minum lebih banyak air putih entah itu panas atau dingin akan lebih baik untuk Anda. Air putih bisa menjadi detoksifikasi bagi tubuh. Air putih akan meluruhkan efek kafein secara alami sehingga dapat menghilangkan efek kafein pada tubuh Anda.

meme hidup sehat

hidup sehat menshealth.co.id

Setelah itu, untuk mengembalikan fitalitas organ tubuh yang telah terkena dampak kafein sebaiknya Anda menjadwalkan diri untuk olahraga secara rutin. Olahraga rutin akan mengurangi dampak kafein secara lebih simultan pada tubuh. Sehingga aktifitas olahraga ini dapat memerangi kecenderungan mudah lelah. Seseorang yang sedang belajar untuk menjauhkan diri dari kopi biasanya mudah marah, maka olahraga adalah cara terbaik untuk membantu Anda mengontrol emosi selama masa percobaan.

Makanlah makanan yang sehat agar sel-sel tubuh Anda yang tadinya kurang sehat bisa segera beregenerasi menjadi sel baru yang lebih sehat. Jauhi mengonsumsi gula halus dan makanan berminyak selama masa adaptasi hidup tanpa minum kopi. Tubuh Anda lebih baik diberi dengan nutrisi yang tidak mengandung banyak lemak. Makanlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Makanan-makanan ini akan menjadi sumber energi yang memastikan jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah terpenuhi dengan baik. Ingat hindari gorengan dan makanan berkarbihdrat tinggi ya.

Baca juga manfaat minuman sehat lain seperti:

5 minuman yang takkan menggagalkan diet Anda

Kopi, baik atau buruk untuk kesehatan?

Makanan dan minuman yang tepat untuk penderita flu

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment