Cara Mengurangi Alergi dari Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan blog.rabbitair

Memelihara binatang peliharaan merupakan salah satu trend yang tak pernah lekang oleh waktu. Kucing, burung ataupun jenis unggas lainnya tak hanya menambah kegembiraan di dalam rumah, namun ada pula yang dijadikan sahabat oleh para pemiliknya. Namun demikian dibalik kelucuan hewan peliharaan terselip beberapa bahaya yang wajib diwaspadai. Salah satunya adalah alergen.

Alergen merupakan komponen yang dapat memicu reaksi alergi pada seseorang. Bulu atau kombinasi kulit mati (ketombe) dan bulu hewan misalnya. Salah satu atau kedua alergen di atas bagi sebagian dapat berubah menjadi alergen yang mampu memicu timbulnya asma ataupun reaksi alergi. Orang yang alergi atau memiliki asma sebaiknya menghindari untuk memelihara hewan peliharaan, utamanya kucing. Tak hanya itu, urin yang dihasilkan hewan peliharaan juga dapat menimbulkan reaksi alergi dan serangan asma.

Namun demikian tetap ada cara untuk meminimalisir alergen pada hewan peliharaan Anda. Selain membuatkan membuatkan kandang di luar rumah, usahakan agar hewan peliharaan lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Jangan lupa untuk selalu menjauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur. Usahakan pula untuk selalu meminimalisir kontak dengan hewan peliharaan. Hindari pula membawa binatang peliharaan di dalam mobil, utamanya tailgate area.

Usaha lainnya yang dapat dilakukan tentu dengan pembersihan rumah secara teratur. Utamannya pada atau spot-spot tertentu yang kerap digunakan hewan peliharaan. Lantai, sofa dan karpet misalnya. Oiya, jangan lupa untuk mencucui perangkat rumah yang terbuat dari kain seperti gorden, sprei, sarung bantal, sarung guling dan juga selimut. Bagaimanapun juga bulu-bulu ataupun percikan kulit mati ataupun ketombe hewan peliharaan dapat menempel di tempat-tempat tersebut.

Memandikan Hewan Peliharaan

Memandikan Hewan Peliharaan healthxchange

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan lupa untuk memandikannya secara teratur. Penelitian menunjukkan bahwa sering memandikan hewan peliharaan dapat mengurangi alergen pada hewan. Hasil studi menyebutkan bahwa memandikan anjing dapat mengurangi alergen hingga 85%. Namun demikian jumlah alergen akan kembali normal dalam tiga hari. Hal ini menunjukkan bahwa anjing setidaknya perlu dimandikan sebanyak dua kali dalam seminggu. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan kandang secara teratur, berikut juga tempat makan, minum dan kotoran yang menempel di sekitar kandang. Bagaimana dengan kebersihan hewan peliharaan Anda?

Baca juga:

Penyebab Seseorang Kerap Digigit Nyamuk

Mengenal Gejala dan Penanganan Diabetes pada Kucing

20 Hal Sehat yang Bisa Manusia Tiru dari Binatang Peliharaan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment