Cara Mencegah Terjadinya Kapalan dan Mata Ikan

Ilustrasi Kaki Sehat

Ilustrasi Kaki Sehat pixabay

Meski terkesan sepele, namun kapalan dan juga mata ikan merupakan dua masalah kaki yang cukup disegani. Utamanya tentu mata ikan yang terjadi di telapak kaki. Bagaimana cara mencegahnya? Simak di sini ya!

Sejatinya kapalan merupakan lapisan korneum yang terbentuk di titik-titik tertentu pada kulit. Kapalan terjadi karena hiperkeratosis yaitu penumpukan berlebihan dari sel-sel kulit yang terperangkap bersama dengan sebum dan bakteri. Ketika kehilangan kelembapan, saraf akan berhenti berkembang. Selanjutnya kulit akan menjadi lebih keras daripada kulit dalam kondisi normal. Jika bagian ini mendapatkan tekanan secara konstan, maka kulit akan membentuk permukaan berwarna kekuningan lengkap dengan tekstur yang keras dan tebal.

Meski sering terjadi di telapak kaki, kapalan juga bisa terjadi di jari tangan. Variasi kapalan tergolong banyak, baik dari bentuk ataupun dari ukuran kapalan itu sendiri. Meski umumnya kapalan tidaklah menyakitkan, namun kapalan tentu akan mengurangi keindahan kaki ataupun tangan Anda, utamanya tentu ketika diraba. Beranjak ke kasus lainnya yaitu mata ikan atau Verruca Plantaris. Kondisi ini merupakan hiperplasi epidermis akibat pertumbuhansel epitel yang disebabkan oleh salah satu golongan virus Papova dari Human Paviloma Virus (HPV).

Mata ikan umum terjadi pada permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak tangan ataupun jari-jari tangan. Biasanya mata kaki memiliki warna agak kekuningan dan memerah saat terjadi peradangan. Perlu diketahui bahwasanya kedua penyakit tersebut disebabkan karena terjadinya gesekan atau tekanan pada kulit, pemakaian kaos kaki hingga sepatu yang tidak cocok ataupun kekecilan. Dalam beberapa kasus, kapalan juga dapat terjadi akibat kelainan struktur tulang.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan lupa untuk melihat kembali alas kaki yang Anda gunakan. Umumnya kapalan dan mata ikan tidak memerlukan perhatian medis, kecuali jika terasa menyakitkan, kemunculan yang berulang-ulang atau terjadinya infeksi. Tindakan medis yang biasa dilakukan untuk menangani mata ikan adalah operasi kecil yang dilakukan di rumah sakit. Selain itu mata ikan juga dapat dihilangkan dengan air hangat dan garam epsom ataupun mengoleskan krim Humectante. Selanjutnya mata ikan ditutupi dengan kasa lembab selama beberapa menit agar nantinya mata ikan tersebut bisa digosok dengan batu apung.

Ilustrasi Kaki Sehat

Ilustrasi Kaki Sehat thehealingpoweroffashion

Untuk mencegah kedua masalah di atas, selalu gunakan alas kaki yang nyaman dan kaos kaki yang lembut. Untuk melunakkan bagian kaki yang keras Anda dapat merendamnyadengan air hangat dan garam, cuka ataupun sabun sebelum tidur. Hindari pula menggunakan gunting atau pisau untuk membersihkan kapalan dan mata ikan. Selamat beraktivitas!

Baca juga:

Manfaat Menarik Jalan Kaki

Beragam Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Beragam Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment