Cara Memanggang Makanan yang Lebih Sehat

Searing

Searing americleaninc

Setiap jenis makanan memiliki penggemarnya masing-masing. Termasuk jenis makanan yang satu ini, makanan panggang. Olahan makanan panggang cukup banyak digemari masyarakat. Selain terbilang cukup mudah, memasak dengan cara dipanggang merupakan metode memasak yang rendah lemak. Karena itulah teknik ini dapat dilakukan untuk memasak berbagai jenis makanan, mulai dari makanan laut, ayam hingga buah dan sayur.

Ada beberapa teknik sederhana yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi kesehatan dan gizi dari barbekyu favorit Anda. Yang pertama adalah searing. Teknik ini dapat digunakan untuk memasak bagian luar daging, ikan ataupun unggas di atas api yang sangat panas. Pertama-tama, makanan diletakkan pada bagian terpanas dari panggangan selama 2 hingga 3 menit. Kemudian makanan tersebut dipindahkan ke bagian panggangan yang lebih dingin lalu ditutup.

Pemanggangan dengan suhu yang tinggi akan menghasilkan garis pemanggangan yang khas. Membakar makanan di atas panggangan akan menciptakan tekstur renyah lengkap dengan aroma dan tekstur makanan yang begitu menggoda. Menariknya lagi teknik ini mampu mengunci rasa tanpa menambah lemak. Mudah dan lezat di lidah. Nyam!

Teknik yang kedua adalah grilling. Metode ini kerap digunakan untuk memanggang buah. Teknik pemasakan ini mampu mengeluarkan rasa manis alami saat proses pelembutan daging buah terjadi. Karena daging buah umumnya empuk, buah hanya memerlukan waktu beberapa menit saja di setiap sisinya. Tak hanya buah berdaging agak keras saja seperti buah apel, pir dan nanas yang bisa dimasak dengan cara ini. Namun grilling juga dapat digunakan untuk memasak daging buah yang lebih lembut seperti peach, plum, mangga dan pepaya.

Setelah dibersihkan dan dipotong dengan ketebalan tertentu, oleskan minyak zaitun ataupun minyak sayur pada semua sisi buah. Selanjutnya buah pilihan dapat langsung di grill selama 2 hingga 3 menit per sisi hingga empuk dan mengeluarkan warna cokelat keemasan.

Grilling

Grilling blog.mcginnis-sisters

Terakhir ada teknik pemanggangan bernama butterflying. Teknik ini cukup berbeda dengan dua teknik sebelumnya. Butterflying merupakan teknik yang dilakukan dengan membuka daging bahan makanan yang dipanggang. Daging, kerang, unggas ataupun udang dapat dimasak dengan teknik ini. Teknik ini cukup menyingkat waktu memasak Anda. Dengan membuka daging di atas pemanggangan, Anda tidak perlu lagi membalikkan makanan dari satu sisi ke sisi lainnya.Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Benarkah Tempe Mampu Mencegah Anemia?

Daftar Makanan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah

Cara Menyiapkan Makanan dengan Aman

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment