Cara Memanfaatkan Buah Alpukat untuk Rambut

| Posted : 25 Feb 2015 | Tips Sehat No comments

Manfaat alpukat untuk rambut sudah lama digunakan. Ratu Mesir, Cleopatra sangat berhati-hati dalam merawat dirinya. Adakah yang tahu, bahwa ia juga memanfaatkan buah alpukat untuk merawat dirinya? Alpukat sangat bagus untuk kesehatan tubuh, secara alami alpukat mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh, selain itu kandungan buah alpukat ternyata juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut dan wajah. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Cek catatan berikut ini!

alpukat untuk rambut

alpukat untuk rambut amazine

Penggunaan alpukat untuk rambut dapat digunakan sebagai creambath. Anda tahu bukan? manfaat creambath untuk rambut? Yakni untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut sehat berkilau. Cara mengunakannya ialah pertama-tama sediakan satu buah alpukat matang, kemudian haluskan tanpa campuran apapun. Setelah itu, oleskan pada rambut secara merata. Biarkan selama 15 menit baru kemudian bilas hingga bersih.

Cara memanfaatkan buah alpukat untuk rambut pun beragam. Selain alpukat tanpa campuran lainnya seperti tersebut di atas, khasiat alpukat akan semakin lebih bagus ketika dikombinasikan dengan larutan lain, misalnya alpukat dijadikan masker dengan kombinasi minyak zaitun, almond, kelapa atau madu sesuai kebutuhan. Minyak zaitun untuk memperbaiki kerusakan rambut, minyak almond untuk menghaluskan, minyak kelapa untuk mengembalikan vitalitas rambut Anda, dan madu bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dengan nutrisi yang ada di dalamnya. Cara menggunakannya sama dengan sebelumnya.

alpukat

alpukat kaumhawa

Kombinasi lain yang bisa Anda pilih ialah masker alpukat dikombinasi dengan telur ayam. Telur ayam yang digunakan bukan telur ayam petelur ya, namun ayam kampung. Yang digunakan pun bukan putih telurnya, melainkan bagian kuning telurnya. Perpaduan dua bahan tersebut akan membantu mengembalikan kemilau rambut, mengatasi rambut kering dan kusam serta menjaga rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rontok. Cara lainnya, Anda bisa mengombinasikan buah alpukat dengan fenugreek (daun herbal yang biasa dipakai untuk meningkatkan produksi ASI atau obat-obat) atau daun katuk dan air teh hijau. Air teh hijau akan berfungsi utnuk menenangkan kulit kepala agar dapat menyerap nutrisi lebih baik.

Lakukan cara merawat rambut di atas minimal dua kali sebulan. Rasakan manfaatnya dalam beberapa minggu kemudian setelah menggunakannya. Ada baiknya juga setelah keramas mengunakan kombinasi ramuan alpukat di atas, Anda tetap menggunakan kondisioner agar rambut semakin berkilau. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat apel dalam mencegah berbagai macam penyakit

Bahaya kafein untuk kesehatan tubuh dan mental

Manfaat madu untuk kecantikan dan kesehatan kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: manfaat.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment