Cara Memaksimalkan Kecerdasan Otak

Otak merupakan bagian tubuh yang terdiri atas sel-sel yang disebut neuron yang terhubung satu sama lain untuk membentuk ‘sirkuit’ saraf. Kekuatan “sirkuit” ini berdasarkan pada kadar penggunaan. Ketika Anda menggunakannya, sel akan terus menerus beregenerasi sehingga membentuk sel-sel baru.

fungsi otak

fungsi otak aldiebanz.blogspot

Bila dilihat menggunakan suatu alat tertentu, akan nampak seperti sedang menambah sel baru. Sel-sel sering dipergunakan ini akan saling membentuk koneksi. Semua gerakan tersebut mengakibatkan kinerja otak semakin baik setiap waktu.

Otak manusia memproses 70.000 pikiran dalam satu hari. Di dalamnya terdapat juga kerja mengontrol hampir setiap fungsi tubuh manusia, dari emosi hingga bentuk-bentuk penalaran. Bila tak dipergunakan otak akan menyusut sebanyak 0,25 persen setiap hari. Itulah sebabnya, masuk akal bila seseorang sering berpikir maka logika analisisnya semakin tajam.

Fungsi otak akan berbeda pada usia yang berbeda. Menurut Dr. Krithika Kumar, otak dapat belajar dengan cepat untuk menerima keterampilan baru ketika seseorang masih anak-anak. Agar seseorang memiliki kecerdasan analisis di atas rata-rata sehingga bisa menjadi seorang ahli maka dia harus menghindari gangguan dalam belajar. Kumar berpendapat seseorang yang mampu mengelola kecerdasan otaknya akan dapa menjalani kehidupan secara mandiri.

Akan tetapi, Anda harus mengetahui bahwa meningkatkan fungsi otak tidaklah mudah. Tidak hanya cukup dengan latihan sederhana setiap hari. Ia membedakan antara apa yang menantang secara mental dan yang dapat merangsang perkembangan otak menjadi lebih baik. Bagi Kumar, memecahkan teka-teki silang dan sudoku tidak cukup untuk meningkatkan aktivitas mental dan fungsi kecerdasan dalam otak. Seseorang perlu memroses pula secara visual banyak hal yang berhubungan dengan fungsi motorik.

otak

otak pnctoserba

Untuk dapat meningkatkan kecerdasan secara maksimal, Anda perlu meningkatkan keterampilan koginitif abilitis. Caranya ialah dengan menghitung kata dalam paragraf, dan memperhatikan kata-kata yang ditulis tanda-tanda tertentu seperti tanda tanya dan lain sebagainya. Setelah selesai, hitung lagi jumlah kata yang ada di hadapan Anda untuk memastikan bahwa Anda menghitung dengan benar. Setelah Anda mendapatkan jumlah yang Anda yakini, tingkatkan kembali latihan Anda ke tingkat yang lebih sulit. Sebagai contoh adalah menghitung kata dalam sebuah buku di tempat yang ramai, seperti taman, cafe, tempat bermain dan lain-lain, pilihlah tempat-tempat yang benar-benar bising.

Latihan ini dapat meningkatkan memori jangka panjang dan jangka pendek, bahkan aspek visual Anda bisa semakin jelas, sehingga Anda dapat dengan mudah menggambarkan sesuatu. Selain meningkatkan memori dan kemampuan visual, latihan seperti ini juga akan meningkatkan fokus Anda. Anda menjadi dapat memberikan perhatian secara selektif, fleksibel, dan dapat dengan mudah memecahkan masalah.

Teruslah latih kerja otak Anda agar Anda tidak kesulitan dalam menangkap sesuatu. Agar konsisten dalam latihan, sebaiknya Anda bergabung dengan orang-orang yang dapat mendukung aktivitas otak Anda menjadi lebih baik.

Baca juga informasi sehat lainnya tentang otak seperti:

Perbedaan fungsi otak perempuan dan laki-laki

Mandi dan main bisa membantu tumbuh kembang kecerdasan otak anak

Kenali pendarahan otak manusia

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.timesofindia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment