Cara Benar Mencuci Baju Bayi

Baju Bayi

Baju Bayi snapshotnarrative.wordpress.com

Segala keperluan bayi umumnya memerlukan kekhususan penanganan, termasuk saat mencuci baju. Meski terlihat sepele, namun hal ini tidak dapat disamakan seperti ketika mencuci pakaian orang dewasa. Berikut beberapa tips yang penting dilakukan saat mencuci pakaian bayi.

Agar kualitas baju tetap terjaga, mencuci pakaian bayi  harus disesuaikan dnegan lebel yang tertera pada baju. Karena itulah memperhatikan label saat membeli baju bayi menjadi penting untuk dilakukan. Untuk menghindari kerepotan saat mencuci, sebaiknya pilih baju bayi yang dibersihkan dengan mesin cuci. Bagaimanapun juga saat bayi, berganti pakaian bisa lebih dari 3 kali dalam sehari. Apalagi jika bayi tidak menggunakan popok sekali pakai sehingga perlu diganti jika telah kotor ataupun terkenal ompol.

Selanjutnya perhatikan detergen yang Anda gunakan. Sebagian bayi memerlukan detergen khusus untuk mencuci pakaian yang dikenakan sehari-hari. Apalagi jika si kecil memiliki kulit yang sensitif. Umumnya kulit bayi lebih sensitif sehingga lebih rentan terkena gangguan kulit seperti alergi, eksim atau penyakit kulit lainnya.

Sebaliknya, jika bayi tidak memiliki kulit yang sensitif, Anda dapat menggunakan detergen yang sama dengan anggota keluarga lainnya. Untuk memudahkan proses pembilasan Anda dapat memilih jenis detergen cair.  Selain itu pilihlah detergen yang menggunakan tambahan pelembut. Meski jatuhnya lebih hemat, namuan adanya tambahan pelembut dapat meningkatkan resiko terjadinya iritasi pada kulit.

Baju Bayi

Baju Bayi www.sloughrefugeesupport.org.uk

Sebaiknya baju bayi segera dicuci jika terkena noda seperti susu, muntahan ataupun kotoram lainnya. Jika noda terlanjur menempel dan susah hilang, Anda dapat mencoba menghilangkannya dengan merendamnya dengan air yang diberi tambahan detergen. Jika berniat menggunakan penghilang noda, pastikan produk pilihan Anda tersebut aman digunakan pada baju bayi.

Terakhir, bilaslah pakaian bayi minimal sebanyak dua kali sehingga sisa sabun benar-benar telah hilang. Pada pakaian yang menggunakan perekat, jangan lupa untuk mengaitkan perekat sebelum dicuci, apalagi jika dicuci dengan mesin cuci. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tersangkautnya pakaian pada perekat. Ingat, jangan malas untuk memperhatikan informasi yang tertera pada label baju bayi Anda ya!

Baca juga:

Mata Juling Pada Bayi, Normalkah?

Lama Maksimal Penyimpanan Air Susu Ibu (ASI)

Salah Posisi Tidur Pada Bayi Bisa Berujung Kematian

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment