Cara Benar Membersihkan Telinga

Telinga

Telinga www.huffingtonpost.com

Menjaga kebersihan diri tentu merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai cara pun akhirnya ditmepuh untuk menghilangkan kotoran yang berada di beberapa bagian tersembunyi pada tubuh. Kotoran di telinga misalnya. Meski terdengar sepele, ternyata kotoran di telinga ada manfaatnya lho! Berikut pemaparan selengkapnya!

Kotoran telinga terbuat dari sekresi lemak dan keringat yang dapat berbentuk padat ataupun cairan yang dikenal dengan sebutan cerumen. Sejatinya dalam jumlah yang tidak berlebihan, cairan ini merupakan salah satu mekanisme alami tubuh untuk membersihkan lubang telinga serta membuat lubang telinga tetap bisa mendengar. Menariknya, setelah membersihkan telinga, cairan ini akan terdorong hingga ke daun telinga dan menjadi serpihan.

Bagi sebagian orang, membersihkan kotoran hingga tuntas merupakan dapat menawarkan tingkat kepuasan tersendiri. Padahal kotoran dalam telinga ini sebenarnya juga menawarkan banyak manfaat. Jadi jangan senang dulu jika cotton bud Anda akan berubah warna menjadi kekuningan setelah digunakan untuk bersih-bersih bagian dalam telinga. Apalagi jika Anda hobi membersihkan telinga. Bukan berarti telinga kotor jauh lebih baik. Hanya saja perlu diketahui bahwa kotoran telinga ternyata juga berperan sebagai antibiotik dan juga antijamur.

Dengan demikian terlalu bersih saat membersihkan telinga dapat menyebabkan terjadinya beberapa masalah, baik pada kulit ataupun telinga Anda. Misalnya saja infeksi eksim pada telinga luar. Karena itulah periode pembersihan telinga perlu diatur dengan baik, misalnya saja dengan hanya melakukan pembersihan sebulan sekali. Terlalu sering membersihkan telinga juga dapat memicu telinga mengeluarkan minyak ataupun cairan berlebih.

Cutton Bud

Cutton Bud pixabay

Selain itu jangan memasukkan cutton bud terlalu dalam. Cukup bersihkan sebats daun telinga saja. Memasukkan cotton bud terlalu dalam dalam dapat menyebabkan kotoran terdorong dan menumpuk. Selain itu pembersihan telinga yang terlalu dalam ditakutkan dapat melukai telinga. Jika ada kotoran yang terasa mengganggu, Anda dapat mengkonsultasikannya pada dokter THT yang dipercaya.

Baca juga:

Tips Mengurangi dan Mengontrol Keringat Berlebih

Kondisi Kuku Dapat Mencerminkan Kesehatan Seseorang!

Cara Mudah Agar Hasil Mencukur Tahan Lebih Lama

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: greatist.com dan detiksehat.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment