Cara Alami Meredakan Nyeri Pembuluh Jantung

Banyak orang mengeluhkan berbagai macam hal tentang masalah jantung. Beberapa diantaranya ingin tahu adakah cara alami untuk menyehatkan jantung?

Ilustrasi jantung

Ilustrasi jantung kesehatan.kompas

Banyak penderita nyeri pembunuh jantung menggunakan praktik alternatif untuk mengelola gejala masalah mereka. Pasien beralih ke praktik alternatif daripada pengobatan medis di rumah sakit kemungkinan karena pengobatan medis konvensional tidak memberi mereka bantuan yang dinginkan. Mereka mungkin juga khawatir dengan efek samping selama menggunakan obat. Mereka merasa bahwa terapi alternatif lebih aman  karena menggunakan cara “alami”.

Apapun alasannya, banyak pasien menemukan bantuan yang diinginkan setelah menjalani beberapa praktik pengobatan jantung alternatif tersebut. The National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS) merekomendasikan kepada penderita nyeri pembuluh jantung untuk melakukan latihan  berupa: pertama melakukan gerakan Range or yang merupakan gerakan mirip seperti penari. Gerakan ini akan membantu mempertahankan gerakan sendi yang normal, mengurangi kekakuan, dan meringankan fleksibilitas. Kedua, Anda disarankan untuk melakukan latihan penguatan tubuh seperti latihan beban untuk membantu menjaga atau meningkatkan kekuatan otot.

Ketiga, Anda disarankan untuk melakukan aerobik atau latihan ketahanan fisik seperti bersepeda. Hal ini penting untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, membantu mengontrol berat badan, dan meningkatkan fungsi organ tubuh secara keseluruhan. Kontrol berat badan sangat penting juga untuk keberlangsungan sendi-sendi tubuh.

Sayur dan Buah

Sayur dan Buah pybuspublicmarket

Keempat, Anda perlu melakukan diet sehat bila Anda kelebihan berat badan. Untuk mempertahankan berat badan ideal, Anda bisa mengelola pola makan. Makan banyak sayuran, buah-buahan, dan produk gandum. Hidarkan diri dengan makanan berjenis junkfood dan minuman bersoda. Agar kesehatan badan terkontrol, pastikan lemak dan kolesterol dalam jumlah sedang. Gunakan gula dan garam secukupnya saat masak atau mengonsumsi minuman tertentu. Hindari alkohol dan perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin dan kalsium.

Disarankan pula agar Anda dapat mengelola stres. Mengapa harus demikian? Sebab stres merupakan bagian dari kehidupan yang tak terhindarkan saat ada banyak tekanan dalam kegiatan sehari-hari Anda, namun bagi penderita nyeri pembuluh darah jantung, stres bisa menjadi pemicu ketegangan terhadap pembuluh darah dan otot-otot tubuh Anda yang lain. Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan jantung Anda.

Oleh karena itu, pasien yang menderita nyeri pembuluh darah sebaiknya berhati-hati dalam berkegiatan. Ambillah kegiatan yang minim tekanan. Selain itu, sebelum memulai pengobatan alternatif, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Anda. Bertanyalah tentang kemungkinan efek samping dari melakukan pengobatan alternatif tersebut.

Baca juga info kesehatan lainnya mengenai jantung berikut ini:

Kerja terlalu lama bisa tingkatkan risiko stroke dan jantung

Minyak ikan mampu menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung

Terapi musik untuk menjaga kestabilan jantung

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.foxnews.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment