Butuh Pengusir Kantuk Tanpa Kafein Saat Bekerja? Ini Solusinya!

Saat mengantuk di area kerja, tidak jarang kopi menjadi salah satu solusi yang banyak diminati. Namun ketika kantuk sudah teramat mendera, beberapa cangkir kopi pun bisa jadi gagal membuat tubuh menjadi bugar. Ternyata selain kopi, masih ada beragam cara untuk menghindari kantuk. Berikut informasi selengkapnya!

Jangan Campur Karbohidrat dengan Protein

Steak

Steak pixabay

Meski aturan pola makan di atas sudah sering didengar, namun belum tentu orang akan mempraktekannya. Karena itulah penting untuk tidak mengkombinasikan karbohidrat dan protein saat makan siang. Terkait hal ini, seorang ahli gizi bernama Kimberly Snyder menyebut bahwa pati dan daging merupakan kombinasi makanan terburuk. Pasalnya kedua makanan ini membutuhkan enzim yang berbeda saat dicerna. Selain dapat membuat tubuh mengalami kesulitan saat mencerna, kondisi ini juga dapat menyebabkan energi menjadi terbuang.

Tambahkan Sayur Atau Buah Saat Menyantap Karbohidrat

Sayuran

Sayuran pixabay

Meski terkesan aneh, namun jika dibandingkan dengan protein, maka sayur dan buah merupakan pendamping karbohidrat yang lebih baik. Begitu pula saat ingin menyantap protein, Ada baiknya jika Anda mengganti kombinasi ayam nasi dengan ayam dan sayuran. Kombinasi ini tidak akan menyulitkan tubuh saat mencerna makanan.

Duduklah dengan Posisi yang Benar

Duduk

Duduk pixabay

Apa hubungannya duduk dengan rasa kantuk? Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa duduk dengan posisi yang buruk dapat menyebabkan kantuk. Karena itu usahakan untuk duduk dengan posisi yang benar dan tidak membungkuk. Selain mencegah kantuk, posisi duduk yang benar akan meminimalisir timbulnya rasa pegal.

Jangan Lupa Berdiri

Berdiri

Berdiri pixabay

Meski terkesan sepele, namun berdiri ternyata dapat menimbulkan rasa bahagia pada seseorang. Saat seseorang merasa bahagia, maka ia dapat menjadi pribadi yang lebih produktif. Dengan demikian rasa kantuk yang melanda saat berada di jam kerja menjadi lebih mudah untuk ditepis.

Olahraga

Olahraga

Olahraga mcclellanaviationmuseum.org

Olahraga saat bekerja dapat dilakukan saat jam istirahat tiba. Anda dapat memaanfaatkan sebagian waktu istirahat dengan olahraga ringan, streching misalnya. Selain itu Anda juga dapat memperbanyak gerak di jam kerja dengan cara mengganti kebiasaan naik lift dengan tangga, berjalan saat membeli makanan hingga jalan-jalan di area kantor.

Baca juga:

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Mengapa Selalu Lapar Setelah Sarapan

Diet yang Cocok untuk Tipe Bentuk Tubuh Seperti Buah Pir

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: gayahidup.republika.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment