Buah yang Dapat Menyebabkan Perut Kembung

Apel

Apel mindfuljuice

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa buah merupakan salah satu camilan yang sehat. Utamanya jika digunakan sebagai pengganti snack yang disantap sehari-hari. Selain mengandung air, buah juga dikenal kaya akan vitamin alami yang baik untuk bagi tubuh. Ada pula beberapa buah yang tinggi gula, seperti fruktosa ataupun sorbitol (gula alkohol). Selain menjadi sumber gula alami, kedua nutrien ini dapat ternyata dapat memicu timbulnya gas. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya perut kembung.

Belum lagi ditambah dengan kandungan serat yang ada pada buah. Seperti yang telah diketahui bersama, serat merupakan bahan makanan yang tidak dapat dicerna. Kondisi ini juga dapat memicu timbulnya gas pada saluran pencernaan. Karena itulah mengetahui kandungan buah yang akan dikonsumsi tentu menjadi salah satu hal menarik. Baik sebagai penambah pengetahuan ataupun tindakan pencegahan terjadinya perut kembung. Berikut beberapa kandungan buah yang umum dikonsumsi atau menjadi favorit banyak orang.

Pertama tentu saja buah apel. Buah kaya akan antioksidan ini dapat menjadi favorit banyak orang. Apalagi apel hijau dikenal mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari buah berry. Namun pada sebagian orang, buah kaya fruktosa atau gula buah ini tergolong susah untuk dicerna. Ketika gula mulai dipecah, maka dapat timbul gas. Jadi jika mengkonsumsi apel secukupnya saja. Jangan lupa untuk mengunyahnya secara perlahan.

Selain apel, buah pir juga menjadi salah satu buah favorit yang banyak dikonsumsi. Apalagi bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Selain mengenyangkan, kandungan pektin, sejenis serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, pir ternyata juga mengandung sedikit sorbitol, gula alkohol alami yang sering ditambahkan pada makanan seperti pada permen karet. Meski ada dalam jumlah sedikit, gula jenis ini dapat membantu kinerja sistem pencernaan. Namun demikian, bagi sebagian orang, penyerapan sorbitol dapat membuat perut kembung, timbul gas ataupun keram.

Selain itu ada beberapa jenis buah lagi yang perlu Anda perhatikan seperti ceri, anggur, mangga dan nanas. Jenis buah yang kerap dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Padahal selain lezat, tentu buah ini juga mengandung sejumlah gula. Jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak, ada kemungkinan gula yang tidak dapat diserap dan akhirnya terjebak dalam usus. Untuk mengatasinya, makanlah buah secukupnya saja. Selain itu kunyah secara baik buah yang dikonsumsi.

Kismis

Kismis theotherbigo.ca

Terakhir ada buah kering, kismis misalnya. Buah jenis ini menawarkan konsentrasi gula dan serat yang disukai bakteri dalam usus. Selain dapat membuat frekuensi buang air besar Anda menjadi lebih sering, mengkonsumsi buah kering tentu juga dapat menghasilkan gas. Jika memilih mengkonsumsi buah ini, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan ekstra air. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Trik Agar Salad Buah Anda Terlihat Lebih Menarik

Tanaman Herbal untuk Melawan Kanker

Makanan Pedas dan Testosteron

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment