Berkreasi Dengan Menu Sehat Bersama Pecel Kembang Turi

dapoer-imoet.blogspot.com

dapoer-imoet.blogspot.com

Kini sehat menjadi salah satu hal penting yang diperhatikan oleh banyak pihak di seluruh dunia. Seperti yang telah banyak diketahui, banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Makanan salah satunya. Ya, selain menjadi sumber energi, makanan diketahui banyak menyumbang peran dalam beragam sistem tubuh. Kini kembali menikmati asupan kuliner sehat telah menjadi gaya hidup tersendiri. Diantara beragam kuliner sehat yang ditawarkan, pecel menjadi salah satu alternatif murah meriah yang dapat dinikmati hampir di semua kalangan. Salah satu jenis pecel yang recommended untuk dicoba adalah pecel kembang turi. Apa menariknya jenis pecel yang satu ini? tTemukan jawabannya sesaat lagi!

Seperti pecel lain pada umumnya, pecel kembang turi adalah pecel yang berbahan dasar bunga turi. Tanaman bernama latin Sesbania grandiflora ini dapat Anda temukan di beragam daerah, terutama di kawasan pedesaan. Tanaman kaya manfaat yang satu ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan ritual khusus yang rumit dalam proses pemeliharaannya. Selain biasa di tanam di pinggiran jalan desa atau area persawahan, tanaman ini juga kerap kali ditemukan tumbuh besar di kebun. Meski kebanyakan pohon tanaman ini berbentuk tinggi dan ramping, namun jika mendapatkan kondisi lingkungan yang oke punya, pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi delapan meter.

 www.flickr.com

www.flickr.com

Sayangnya kembang turi sendiri menjadi komoditi yang cukup susah untuk ditemukan. Bunga yang satu ini hanya sesekali saja tersedia di berbagai pasar tradisional. Maklum saja, jenis sayur yang satu ini belum banyak dikembangkan dalam skala besar. Jika Anda berniat untuk mencoba bereksperimen di dapur, cobalah untuk berburu bunga turi di beberapa pasar tradisional yang berada di sekitar tempat tinggal Anda.

Salah satu tips penting yang perlu diketahui sebelum mencoba memasak kuliner yang satu ini adalah membuang bagian benang sari sebelum dicuci bersih. Caranya mudah saja. Bukalah bunga yang memiliki bentuk mirip bulan sabit ini, lalu buang bagian yang berbentuk juluran berwarna kuning. Juluran inilah yang memberikan rasa pahit di bunga turi saat direbus, meski jika dibuang, kembang turi tetap menghasilkan rasa sedikit pahit, namun inilah yang membuat rasanya begitu istimewa. Rasanya sedikit pahit dengan tekstur bunga yang lembut serta menebarkan aroma wangi yang mempesona, itulah citarasa khas yang dimiliki bunga yang satu ini. Tak perlu waktu lama untuk merebus bunga yang satu ini. Tingkat kematangannya lagi-lagi dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Setelah dirasa cukup matang, tiriskan dan siram dengan bumbu kacang sesuai selera. Bumbu kacang pecel kini banyak dijual dalam bentuk kemasan plastik yang cukup mudh disajikan. Tinggal diencerkan dengan menggunakan air panas sesuai selera, voila pecel kembang turi dapat segera Anda nikmati. Yuk segera dicoba! Keep calm and stay healty ya!

Jangan lewatkan pula artikel menarik lainnya seperti makanan kaya ptrotein bagi vegetarian, tips agar buah yang dikonsumsi tidak hilang nutrisinya serta gaya makanan yang dapat mengusir jerawat.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment