Berjemur Akan Membuat Tubuh Anda Sehat

Penelitan menemukan alasan kenapa berjemur merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kesimpulan tersebut terkait erat dengan hasil penelitian yang menemukan hubungan antara penyakit jantung  dengan dampak kekurangan vitamin D.

Berjemur di Pantai

Berjemur di Pantai pixabay

Ternyata kekurangan vitamin D sangat mungkin untuk menyebabkan resiko penyakit jantung semakin tinggi pada seseorang. Seiring berjalannya waktu, peneliti bersepakat bahwa sinar matahari langsung merupakan satu-satunya hal yang bisa menjadi pencegah terbaik resiko terserang penyakit jantung.

Ruang konsultasi dokter bedah tulang belakang, Dr. Kedar Deogaonkar, di rumah sakit PD Hinduja suatu hari penuh sesak dengan pasien yang mengeluh nyeri tubuh yang parah, mengalami depresi, dan lemah di beberapa sendi. Dia mengirimkan pasien-pasiennya untuk melakukan tes darah ke laboratorium dan setelah dilakukan tes, dia mendapati pasien-pasien tersebut menderita kekurangan vitamin D.

Menurut Dr. Kedar Deogaonkar, berdasarkan pada kasus tersebut dia menyimpulkan kalau vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Tulang yang kuat dibutuhkan oleh seseorang sejak bayi sampai tua. Jika tubuh tidak cukup memproduksi vitamin D, dapat menyebabkan tulang lelah dan depresi. Masalah depresi sering dijumpai pada kalangan anak muda hingga secara berkelanjutan meningkatkan resiko serangan jantung.

Untuk mendapatkan suplemen yang cukup agar tubuh dapat memproduksi vitamin D, berjemur di pagi hari adalah satu-satunya cara alami yang paling tepat untuk dilakukan. berjalan-jalan di bawah sinar matahari pagi, antara jam tujuh sampai jam delapan akan membuat Anda terpapar sinar matahari yang mengandung prohormon. Prohormon akan dikonversi menjadi calcitriol di dalam tubuh kita, selanjutnya senyawa ini dinamakan sebagai vitamin D oleh para peneliti. Fungsi utama vitamin ini adalah untuk memfasilitasi penyerapan kalsium dari usus.

Sinar Matahari

Sinar Matahari health.howstuffwork

Kekurangan vitamin D membuat tulang dan otot lemah. Hal ini bisa mempercepat Anda dalam keadaan osteoporosis. Masalah lain yang ditimbulkan dari kekurangan vitamin D ialah peningkatan resiko mudah patah tulang saat jatuh. Seseorang juga bisa menjadi rentan terhadap infeksi karena kekurangan vitamin D juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Banyak percobaan yang telah menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan peningkatan resiko penyakit radiovaskular, diabetes, dan kanker tertentu.

Agar tubuh Anda tetap sehat, berjemurlah antara jam tujuh sampai delapan pagi, jika Anda terlalu sibuk untuk melakukannya, minimal lakukanlah saat liburan tiba. Anda hanya harus meluangkan waktu 45 menit saja untuk mendapatkan suplemen prohormon penunjang produksi vitamin D dalam tubuh. Penting pula untuk mengevaluasi gaya hidup Anda, termasuk diantaranya adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Makanan yang dapat bermanfaat untuk membantu produksi vitamin D di dalam tubuh adalah biji-bijian, ikan, minyak hati ikan, dan kuning telur.

Baca juga informasi sehat lain terkait vitamin seperti:

Mitos dan fakta tentang vitamin C

Bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D

Suplemen kalsium, vitamin D, dan risikonya untuk pria penderita kanker prostat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.timesofindia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment